PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING

  • Robiatul Addawiyah
  • Wilmintjie Mataheru
  • Hanisa Tamalene
Keywords: Hasil Belajar, Model Pemelajaran Guided Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi relasi dan fungsi di kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Ambon yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar di setiap siklus  dengan presentase ketuntasan siklus I 41,67% dan presentase ketuntasan siklus II 75%. Hasil belajar siswa naik 33,33% dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-11
How to Cite
Addawiyah, R., Mataheru, W., & Tamalene, H. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING. Sora Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/sora.1.1.1-6