STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LINGKARAN

  • Adam Laitupa
  • Magy Gaspersz
  • Novalin C Huwaa
Keywords: Hasil Belajar, Guided Discovery, Konvensional

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih di bawah KKM serta proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Guided Discovery dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Dengan desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas dimana satu kelas sebagai kontrol dan kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 53 siswa. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari nilai post test. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang salah satunya menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. intstrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang lingkaran. Hasil menunjukan bahawa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Leihitu yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Discovery dan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Dengan bukti rata-rata hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan model Guided Discovery yaitu 70,40316 dan kelas dengan model konvensional yaitu 56,85278

Downloads

Download data is not yet available.

References

-

Published
2020-10-11
How to Cite
Laitupa, A., Gaspersz, M., & Huwaa, N. (2020). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LINGKARAN. Sora Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-21. https://doi.org/10.30598/sora.1.1.13-21