PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SALAHUTU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Salahutu dengan menggunakan model Quantum Teaching pada materi integral. Subjek dalm penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS-1 SMA Negeri 2 Salahutu tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yakni nilai tes akhir siklus I menunjukan sebanyak 42,86% (6 siswa), yang memperoleh nilai , setelah itu siklus II meningkat menjadi 78,57% (11 siswa). Dilihat hasil dari siklus I ke siklus II maka telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,71%. Dengan Demikian model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Salahutu pada materi integral
Downloads
Copyright (c) 2020 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.