PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP POSITIF BAHASA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL, POLITEKNIK NEGERI AMBON

  • Mouren Wuarlela Politeknik Negeri Ambon
Keywords: Pembelajaran kreatif dan inovatif, Student Center Learning (SCL), penugasan berbasis proyek, Blended learning, sikap bahasa.

Abstract

Penguasaan, pemilihan, dan penggunaan bahasa di kalangan mahasiswa   khususnya pada jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Ambon beragam yakni bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Inggris. Kebergaman bahasa menjadi identitas dan ciri khas masyarakat Indonesia. Akan tetapi keberagaman bahasa tersebut pun dapat berdampak pada sikap bahasa. Faktanya sikap bahasa mahasiswa belum sepenuhnya bersifat positif. Hal ini berdampak pada bergesernya kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa pengantar pendidikan. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi dalam menumbuhkembangkan sikap bahasa mahasiswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam membentuk karakter mahasiswa khususnya sikap mahasiswa terhadap bahasa Indonesia adalah melalui pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Melalui tulisan ini, penulis memaparkan rancangan Pembelajaran Student Center Learning (SCL), Penugasan Berbasis Proyek, dan Pembelajaran berbasis Blended-Learning. Produk akhir dari strategi ini dirancangkan berupa “Stiker dan bros berisi slogan bertema Menumbuhkembangkan Rasa Cinta Bahasa Indonesia” yang dapat disebarkan kepada mahasiswa dan masyarakat sebagai wujud rasa cinta mahasiswa terhadap bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mouren Wuarlela, Politeknik Negeri Ambon
 

References

Baldauf & Moni. (2006). Learner-centeredness in teaching English as a foreign language. Thai TESOL International Conference, Chiang Mai, Thailand. (Online),(https://espace.library.uq.edu.au/data/UQ_8562/K_B_MThaiTESOL06.pdf, diakses pada 20 Maret 2022)
Chaer Abdul, Agustina Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta
Isgandhi Rosywan.2015.Pembelajaran Bahasa Indonesia Kreatif Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian pada Pendidikan Vokasi (Politeknik). Jurnal Pengembangan Humaniora, (Online), Vol. 15, No. 3 (https://jurnal.polines.ac.id/index.php/ragam/article/view/623/541, diakses pada tanggal 20 Maret 2022)
Peraturan pemerintah nomor 57 tahun 2021 tentang standar nasional pendidikan. (Online), (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021, diakses pada tanggal 20 Maret 2022).
Thomas. 2000. “Project Based Learning”: in What Teacher Need to Know About (33) Australia: Peter Westwood. Acer Press, 2008.
Unpas. 2022. Handout Diklat Pekerti/AAP3AI-Unpas.
Published
2023-08-01
How to Cite
Wuarlela, M. (2023). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP POSITIF BAHASA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL, POLITEKNIK NEGERI AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 893-904. https://doi.org/10.30598/arbitrervol5no2hlm893-904