DINAMIKA BAHASA VISUAL DALAM KOMUNIKASI DIGITAL: STUDI SEMIOTIK PADA FACEBOOK DALAM AJANG PERTANDINGAN SEPAK BOLA PIALA EUROPA TAHUN 2024

  • Mouren Wuarlela Politeknik Negeri Ambon
  • Meyke Marantika Politeknik Negeri Ambon
Keywords: bahasa visual; semiotik; facebook; piala Eropa 2024; komunikasi emosional

Abstract

Facebook dengan beragam fitur memberi ruang yang besar bagi pengguna dalam berkomunikasi, berekspresi, dan berbagi konten yang umumnya ditampilkan melalui bahasa visual. Bahasa visual digunakan beragam sesuai tujuan, konteks, dan karakter pengguna. Salah satu fenomena penggunaan bahasa visual tampak pada unggahan status dan komentar pengguna pada pertandingan sepak bola Piala Europa 2024, yang juga menampilkan ciri khas gaya bahasa masyarakat Ambon. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi, objek, dan interpretasi bahasa visual oleh pengguna facebook melalui status dan komentar. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik menurut Peirce untuk menganalisis berbagai bentuk ekspresi dalam ketikan status dan komentar yang didukung dengan penggunaan emotikon, stiker, meme, dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bentuk ekspresi berupa dukungan, kekecewaan, kegembiraan, serta kritik terhadap tim dan lawan dalam pertandingan. Bahasa visual yang digunakan menunjukkan peran penting bahasa visual dalam memperkuat ekspresi emosional, membangun komunitas penggemar, serta memperluas makna komunikasi di ruang digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arjulayana, M. E., Najamudin, Pratiwi, W. S., Lubis, W., Anandari, E., Adika, D., Nuryanti, D., Susanti, R., Hilaliyah, H., Wuarlela, M., & Haryati, G. 2025. Linguistik: Pengantar bahasa dan visual. Bali: CV Intelektual Manifes Media.

Goodman, N. 1976. 1976. Languages of Art. Cambridge: Hackett Publishing.

Hoed, Benny. H. 2011. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Lewis, J. 1976. The Art of Visual Communication. New York: Oxford University Press.

Lester, Paul, Martin. 2006. Visual Communication: Images with messages. USA: Thomson Wadsworth.

Musliadi, M. et al. 2025. Bahasa Visual dalam Iklan Digital: Studi Semiotika pada Platform Media Sosial. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi & Penyiaran Islam, 7(1).

Sholihatin, E.et al. 2024. Penggunaan Bahasa dan Desain Visual dalam Iklan Kopi Lokal. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 5(12).

Peirce, C.S. 1958. Collected Papers of Charles Sanders Peirce. Edited by C. Hartshorne and P. Weiss. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Peirce, Ch. S. 1940. The Philosophical of Peirce: Selected Writings. Ed. J. Buchler. New York: Harcourt.

Pesiwarissa, L.F. 2023. Penggunaan Gaya Bahasa Hiperbola dalam Komunikasi Masyarakat Tutur Bahasa Melayu Ambon (Kajian Etnolinguistik). Arbiter, 5(1), pp. 845–854.

Ware, C. 2013. Information Visualization: Perception for Design. USA: Morgan Kaufmann Publishers.

Published
2025-12-22
How to Cite
Wuarlela, M., & Marantika, M. (2025). DINAMIKA BAHASA VISUAL DALAM KOMUNIKASI DIGITAL: STUDI SEMIOTIK PADA FACEBOOK DALAM AJANG PERTANDINGAN SEPAK BOLA PIALA EUROPA TAHUN 2024. Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 275-286. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no3hlm275-286

Most read articles by the same author(s)