Analisis Pemilihan Supplier Ikan Asap menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

  • Dian Pratiwi Sahar Universitas Pattimura
  • Ariviana Lientje Kakerissa Universitas Pattimura
  • Siti Aminah A. Huat Universitas Pattimura
Keywords: UKM, ikan asap, pemilihan supplier, AHP

Abstract

Pusat Oleh-Oleh Galala merupakan tempat penjualan ikan asap yang terkenal di Kota Ambon. UKM ikan asap di sana mengalami masalah dalam memenuhi permintaan pelanggan. Masalah yang dihadapi berupa harga ikan yang mahal, kualitas ikan yang menurun, kuantitas ikan yang tidak dapat dipenuhi oleh supplier, dan kecepatan pengiriman yang tidak konsisten. UKM ini tidak memiliki metode khusus dalam memilih supplier. UKM ini memiliki 4 supplier, yaitu Perusahaan Ikan Laha, Perum Perikanan Galala, Nelayan Galala, dan Pasar Arumbai. Harga ikan yang diperoleh dari Perum Perikanan Galala, Perusahaan Ikan Laha, dan Pasar Arumbai relatif tinggi dibandingkan dengan Nelayan Galala. Tetapi kuantitas ikan yang diperoleh dari Nelayan Galala terkadang tidak memenuhi permintaan dari pelaku usaha. Kualitas ikan yang diperoleh dari Perusahaan Ikan Laha yang didapatkan dalam kondisi beku dan dapat memperhambat proses produksi ikan asap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan supplier ikan asap. Metode yang digunakan adalah AHP. AHP digunakan untuk menghitung bobot prioritas alternatif supplier. Hasil penelitiannya yaitu supplier yang sebaiknya dipilih untuk mencukupi kebutuhan bahan baku adalah Nelayan Galala dengan bobot prioritas tertinggi sebesar 0,416.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyono, Sri. 2004. Riset Operasi, Edisi Revisi, Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Mustaniroh, S. A., Santoso, S. M. and Oktora, E. D. 2010. ‘Evaluasi Pemasok Ikan Kakap Merah Berdasarkan Vendor Performance Indicator (VPI) Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada PT Inti Luhur Fuja Abadi) Red Snapper Fish Supplier Analysis Based on Vendor Perfomance Indicator wit’, 11(1), pp. 54–61.

Rochmoeljati, R. (2012) ‘Pengukuran Kinerja Supplier Berdasarkan Vendor Performance Indicator dengan Metode Quality Cost Delivery Flexibility Responsiveness (Studi Kasus : Pt Boma Bisma Indra Surabaya)’.

William, J., Stevenson. 2002. Operation Management. New Jersey: Pearson Education.

Yuliani, E. N. S., Kholil, M. and Safitri, S. 2017. ‘Pemilihan Alternatif Supplier Menggunakan Pendekatan Vendor Performance Indicator (VPI) Dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Di PT. Sumber Berkat Anugerah Indonesia’, Issn 2338-7122, pp. 13–14.

Published
2022-08-31
How to Cite
Sahar, D., Kakerissa, A., & Huat, S. (2022). Analisis Pemilihan Supplier Ikan Asap menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. ARIKA, 16(2), 111-116. https://doi.org/10.30598/arika.2022.16.2.111
Section
Articles