Pengembangan Aksesibilitas Jalan Off Road di Dusun Wailapia Desa Larike Kecamatan Lehitu Barat

  • Idawati Buton Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Wiclif Sepnath Pinoa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Pengembangan, jalan, Aksesibilitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji ketersediaan jaringan jalan di Dusun Wailapia serta dampaknya terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa meskipun jaringan jalan sudah ada, namun belum memadai sehingga menyebabkan kendala dalam beraktivitas, terutama untuk pergi ke sekolah dan berdagang antar dusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah alat transportasi yang ada belum mencukupi untuk membantu mobilitas masyarakat, sehingga banyak yang masih menggunakan kendaraan pribadi. Panjang lebar jalan lintas dusun mencapai 1000 meter dengan lebar badan jalan sekitar 3 meter, namun kondisi jalan yang rusak menghambat aksesibilitas. Dalam menghadapi masalah ketersediaan jaringan jalan, penelitian ini menyusun beberapa alternatif strategi, antara lain meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, memperbaiki dan mengaspal jalan, serta memperluas sarana transportasi umum. Penelitian ini berharap bahwa dengan adanya strategi ini, kualitas jaringan jalan dapat ditingkatkan, membantu mobilitas dan kualitas hidup masyarakat Dusun Wailapia, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arysad, M.H. 2019. Metode-metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut al Arabiyyah 7(1),13-30.

Austin, J. 1962. How to Do Thing with Words. New York: Cardon Press

Islam, A. 2017. Tindak Tutur Ilokusi Dalam Wawancara Tgh. Muhammad Zainul Majdi Pada Talkshow “Mata Najwa.” LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching.

Lasaiba, M. A. (2013). Kajian Keruangan Penggunaan Lahan Dalam Pengembangan Kota Ambon Berbasis Ekologi. Jurnal Pendidikan Geografi UNESA, 11(21), 34–56.

Lasaiba, M. A. (2016). Dimensi Spasial Karakteristik Sebaran Dan Deviasi Pola Pegunungan Lahan Terhadap Ekosistem Pesisir Di Kota Ambon. Jendela Pengetahuan, 9(1), 24–34

Laurens, Y. 2017. “Keluarga Cemara”. https://youtu.be/-nyrfDZNm7s diakses pada 15 Februari – 13 Mei 2023 pukul 21.17 WIT

Mahmudah, Sumarti, E., & Susandi. 2021. Tindak Tutur Reprsentatif Perkembangan Penyebaran Covid-19 Dalam Berita Di Cnn Indonesia. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya.

Pattiasina, P.J. 2005. Bentuk Ekspresif Pujian Bahasa Indonesia dalam Masyarakat Tuturan Ambon. Malang: Universitas Negeri Malang. Tesis (Tesis tidak diterbitkan)

Wijana. 2010. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka

Published
2022-04-06
How to Cite
Buton, I., Lasaiba, M., & Pinoa, W. (2022). Pengembangan Aksesibilitas Jalan Off Road di Dusun Wailapia Desa Larike Kecamatan Lehitu Barat. JENDELA PENGETAHUAN, 15(1), 66-75. https://doi.org/10.30598/jp15iss1pp66-78

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>