Analisis Tingkat Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru SMP Negeri 21 Ambon

  • Asrul Asrul Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Analisis, Pedagogical Content Knowledge

Abstract

Seorang guru dapat dikatakan profesional bukan hanya dapat menguasai materi dan konsep saja, melainkan harus menguasai bagaimana cara mengajarkan dan strategi pembelajaran dapat tersampaikan ke peserta didik dengan baik. Dua hal tersebut antara materi (content) dan cara mengajarkan (pedagogi) yang saling berkesinambungan dan tidak dapat dipisahkan. Pentingnya kesinambungan antara materi dan pedagogic maka muncul sebuah pemahaman baru yang memadukan antara sebuah pengetahuan materi dan bagaiman cara menyampaikan kepada peserta didik, yaitu Pedagogical content knowledge (PCK). Komponen dasar PCK yaitu Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif. Analisis kuantitatif melalui kategorisasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif sebagai proses pengambilan dan pengolahan data. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data hingga penyajian hasil. Berdasarkan perhitungan mengenai tingkat PCK di SMP Negeri 21 Ambon melalui Tes PCK guru terdiri dari 52 butir soal open ended diketahui Rerata ideal adalah 26 dan simpangan baku ideal adalah 7,78. Selanjutnya ditemukan bahwa 3 guru berada dalam kategori PCK tinggi, 2 guru berada dalam kategori PCK sedang dan 1 guru berada dalam kategori PCK rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbitt, J. T. 2011. Measuring Technological Pedagogical Content Knowledge in Preservice Teacher Education: A Review of Current Methods and Instruments. Journal of Research on Technology in Education, 43 (4): 281-300.

Agustina, P. (2015). Pengembangan PCK (pedagogical content knowledge) mahasiswa calon guru biologi FKIP universitas muhammadiyah surakarta melalui simulasi pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 1–15.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S. (2014). Kemampuan pedagogical content knowledge guru biologi yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 69–73.

Lasaiba, M. A. (2013). Kajian Keruangan Penggunaan Lahan Dalam Pengembangan Kota Ambon Berbasis Ekologi. Jurnal Pendidikan Geografi UNESA, 11(21), 34–56.

Lasaiba, M. A. (2016). Dimensi Spasial Karakteristik Sebaran Dan Deviasi Pola Pegunungan Lahan Terhadap Ekosistem Pesisir Di Kota Ambon. Jendela Pengetahuan, 9(1), 24–34.

Lasaiba, M. A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Peserta Didik Kelas Vii-2 Smp Negeri 14 Ambon. Jendela Pengetahuan, 11(2), 8–21. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/6317

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Padila, T. M., Anwar, Y., & Madang, K. (2017). Analisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru biologi FKIP Unsri sebelum dan setelah praktik mengajar. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021, 1(1), 571–581.

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42–55.

Rudini, R. (2016). Peranan statistika dalam penelitian sosial kuantitatif. Jurnal Saintekom, 6(2), 53–66.

Supriadi, D. (2018). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132.

Unaida, R., & Fakhrah, F. (2022). Evaluasi Kemampuan Tpack (Technologycal, Pedagogical, And Content Knowledge) Guru Biologi Sma/Ma Kecamatan Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 77–83.

Yufridawati, Y., Irmawati, A., Rahmadi, U. T., & Sulistyo, F. D. (2020). Sistem zonasi di Indonesia: dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan.

Published
2022-04-06
How to Cite
Asrul, A., & Lasaiba, M. (2022). Analisis Tingkat Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru SMP Negeri 21 Ambon. JENDELA PENGETAHUAN, 15(1), 38-45. https://doi.org/10.30598/jp15iss1pp38-45

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>