Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon

  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Model, Pembelajaran Treffinger, Keterampilan Proses, Hasil Belajar

Abstract

Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir divergen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test yang merupakan rancangan eksperimen semu yang menyelidiki tingkat kesamaan antar kelompok. Rancangan dalam penelitian didesain dengan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan dipilih dua kelas secara random.  Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa hasil tes keterampilan proses dan tes hasil belajar sains dalam bentuk tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis multivariat (MANOVA) dengan bantuan SPSS 26..0 for windows

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model tipe treffinger, hasil analisa nilai F= 0,116 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan keterampilan proses dan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model treffinger dan konvensional.. Perbedaaan skor rata-rata keterampilan proses dan hasil belajar dengan metode Least Significant Difference (LSD) dengan nilai 1,651 dan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran model Treffinger lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintarto, & Hadisumarno. (1978). Metode Analisa Geografi. LP3ES Jakarta.

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Character education in early childhood based on family. (ECRJ) Early Chilhood Research Journal, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333

Hermayuni, N. M. T. D., Lasmawan, I. W., & Gunamantha, M. (2021). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1=13. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.44008

Kusuma, J. W., Jefri, U., Hidayat, A., & Hamidah. (2020). Application of treffinger learning model to improve greative reasoning and mathematical problem solving skills as well as student learning interests. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 204–213. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2840

Lasaiba, M. A. (2006). Evaluasi lahan untuk permukiman dalam pengembangan wilayah Kota Ambon. Tesis. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/31752

Lasaiba, M. A. (2012). Perubahan penggunaan lahan di kota Ambon tahun 2002-2009. Disertasi. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/54572

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara ( Urnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1(2), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 22(1), 66–86. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Ngalimun, S. P., & Pd, M. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.

Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, & Nasiah. (2020). The application of The treffinger learning model in learning geography. La Geografia, 19(1), 113–127. https://doi.org/2655-1284

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam Sistem Pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 49–6. https://doi.org/10.15408.v4i1.15394

Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022a). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62

Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022b). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977

Tirtoni, F. (2020). Internalisasi model pendidikan

Published
2022-06-26
How to Cite
Lasaiba, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon. GEOFORUM Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss1pp1-11
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>