Paradigma Pendidikan Di Indonesia Berbasis Multi Etnik (Telaah Entitas, Strategi, Model Dan Evaluasi Pembelajaran

  • Arman Man Arfa Fakultas Dajwah IAIN Ambon
  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Paradigma Pendidikan, Pembelajaran, Multi Etnik

Abstract

Paradigma pendidikan berbasis multi etnik menjadi semakin penting dalam konteks memperkuat keberagaman budaya, bahasa, dan agama di Indonesia. Pendekatan pendidikan multikultural di Indonesia adalah suatu bentuk pendidikan yang menghargai, menghormati, dan memperkuat keberagaman budaya, bahasa, dan agama yang ada di Indonesia. Untuk mencapai tujuan pendidikan multikultural, strategi dan model pembelajaran multikultural harus diterapkan, termasuk pengajaran yang menghargai keberagaman budaya dan bahasa, integrasi konten budaya dalam pembelajaran, pemberdayaan kelompok etnis dalam pembelajaran, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Evaluasi pengajaran multikultural juga penting untuk memastikan efektivitas model dan strategi yang diterapkan. Evaluasi dapat dilakukan melalui beberapa indikator seperti partisipasi siswa dalam pembelajaran, kemampuan siswa dalam menghargai keberagaman budaya dan bahasa, serta kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan berbagai kelompok etnis. Paradigma pendidikan berbasis multi etnik di Indonesia dapat memperkuat keberagaman budaya, bahasa, dan agama, dan mendukung terciptanya masyarakat yang pluralistik dan harmonis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-04
How to Cite
Arfa, A., & Lasaiba, M. (2023). Paradigma Pendidikan Di Indonesia Berbasis Multi Etnik (Telaah Entitas, Strategi, Model Dan Evaluasi Pembelajaran. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 1-12. https://doi.org/10.30598/jp16iss1pp1-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>