Dampak Sampah Plastik Terhadap Pencemaran Pantai Passo Di RT. 019/RW. 004 Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon

  • Wendi Welem Luturmas universitas pattimura
  • Daniel Antoni Sihasale Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Roberth Berthy Riry Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon

Abstract

ABSTRAK
Wendi Welem Luturmas, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, 12 September 2023. “ Dampak Sampah Plastik Terhadap Pencemaran Pantai Passo Di RT.019/RW.004 Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon yang dibimbing oleh Dr. Daniel A Sihasale, S.Pd.,M.Si dan bapak Roberth B Riry, Sp.,M.Si.
​Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak sampah plastik terhadap pencemaran pantai danjuga perlu di uji kualitas air agar lebi mengetahui akan pecemaran akibat libah sampa plastik di Rt 019/Rw 04 Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan pengetahuan bahwa dengan adanya peneliti melihat akan maslah serius yang terjadi di pantai passo baik itu dampak fisik yang terjadi perlu adanya peninjauan pemerintah atau Pemkot kota ambon untuk mengambil tidakkan pencegahan baik itu untuk masyarakat Rt 019/Rw 004 atau keseluruhan masayarakat yang tinggal di pesisir pantai pasi dengan demikian agar pantai tetap bersi masyarakat pun tetap sehat. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu berusaha mendeskripsikan dampak sampah plastik terhadap pencemaran pantai Passo di RT.019/RW. 004.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Varaiabel tunggal yaitu dampak sampah plastik terhadap pencemaran pantai dengan indikatornya sebagai Kualitas dengan Indikator terdiri atas:
a.Parameter fisik (Bau, Jumlah Zat Padat Terlarut (TDS), Kekeruhan, Rasa, Suhu, Warna).
b.Kimia (Arsen, Fluorida, Total Kromium, Kadium, Nitrit, Nitrat, Sianida, Selenium, Besi, Kesadahan, Khlorida, Mangan, pH, Seng, Sulfat, Timbal), dan
Biologi Total Coliform.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-04
How to Cite
Luturmas, W., Sihasale, D., & Riry, R. (2023). Dampak Sampah Plastik Terhadap Pencemaran Pantai Passo Di RT. 019/RW. 004 Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 2(3), 203-214. https://doi.org/10.30598/jpguvol2iss3pp203-214

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>