Pendapatan Pengrajin Alumunium Untuk Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga Di Desa Ohoitahit Kecematan Dullah Utara Kota Tual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan pengrajin alumunium di Desa Ohoitahit, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap kesejahteraan rumah tangga di wilayah tersebut. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi terhadap 20 responden yang merupakan pengrajin alumunium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri rumah tangga kerajinan alumunium di Desa Ohoitahit memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat setempat. Kendati begitu, sektor ini juga menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia, peralatan sederhana, dan rendahnya kualitas dan kuantitas produk dibandingkan dengan standar industri. Peningkatan dukungan dari pemerintah dan pihak terkait diharapkan dapat membantu pengrajin sehingga sektor ini dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat
Downloads
References
Ari Setyaningrum. 2015. Prinsip-Prinsips Pemasaran, CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik, 2002, Statistik Indonesia,
Basir Barthos, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lasaiba, M. A. (2013). Kajian Keruangan Penggunaan Lahan Dalam Pengembangan Kota Ambon Berbasis Ekologi. Jurnal Pendidikan Geografi UNESA, 11(21), 34–56.
Lasaiba, M. A. (2016). Dimensi Spasial Karakteristik Sebaran Dan Deviasi Pola Pegunungan Lahan Terhadap Ekosistem Pesisir Di Kota Ambon. Jendela Pengetahuan, 9(1), 24–34
Muflikhati, dkk. 2010. Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Kesejagteraan Keluarga: Kasus di Wilayan Pesisir Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Kel & Kons. Vol 3 No.1. Januari. Hlm 1- 10.
Nazir. (2010). “Analisis Determinan Pendapatan Pedagang Kaki Lima diKabupaten Aceh Utara. Tesis. Medan. Universitas Sumatera Utara.
Sumardi, Mulyanto, Hans Dieter Evers. (1979). Kemisikinanan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta. CV Rajawali
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep,Strategi,danKasus).Cetakanke1.Yogyakarta:CAPS(CenterforAcade micPublishingService).
Sadono, Sukirno. 2006. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga
[TNP2K] Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 2011. Panduan Penanggulangan Kemiskinan: Buku Pegangan Resmi TKPK Daearah.Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia. Jakarta.
William, J. Stanton.1994. PrinsipPemasaran, Edisi 3. Erlangga. Jakarta.