Fenomena Judi Slot Online di Kalangan Pemuda (Studi pada Pemuda Perumahan Sei Jang Kota Tanjungpinang)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini meneliti elemen-elemen yang memotivasi anak muda yang tinggal di perumahan seijang untuk bermain mesin slot online. Mencari tahu apa yang memotivasi anak muda yang tinggal di perumahan seijang untuk bermain slot online adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Sebaliknya, dokumentasi, wawancara, dan observasi adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Teori perilaku menyimpang yang dikembangkan oleh Elly M. Setiadi dan Usman Kolip digunakan dalam analisis penelitian ini. Teori perilaku menyimpang diterapkan untuk memeriksa perilaku menyimpang yang ditunjukkan oleh pemuda perumahan di Seijang dan faktor-faktor yang memotivasi mereka untuk terlibat dalam perjudian slot online. Temuan ini menunjukkan bahwa para pemuda di Perumahan Sei Jang terlibat dalam perjudian slot online, yang mungkin disebabkan oleh dampak sosial satu sama lain di lingkungan tersebut melalui peningkatan keakraban dan bahkan berbagi informasi tentang hal-hal yang bertentangan dengan efek lingkungan. Perjudian mesin slot online juga dapat menyebabkan kurangnya kontrol diri, yang berdampak pada semua aspek perilaku. Karena komponen kecanduan, anak muda terlibat dalam perilaku perjudian online dengan menghabiskan waktu bermain judi online setiap hari. Frekuensi yang tinggi ini disebabkan oleh kemudahan untuk mengakses situs web menggunakan ponsel, yang dibawa atau digunakan setiap hari, yang memungkinkan seseorang untuk bermain judi online kapan saja dan dari lokasi mana saja.
Kata Kunci: Judi, Judi Slot Online, Faktor Pendorong, Pemuda, Kota Tanjungpinang
Abstract
This research discusses the factors that encourage seijang residential youth to play online slot gambling. The purpose of this research is to find out the factors that encourage seijang housing youth to play online slot gambling. The method used in this research is descriptive qualitative. While the techniques used in data collection are observation, interviews and documentation. The analysis in this study is to use the theory of deviant behavior from Elly M. Setiadi and Usman Kolip. The theory of deviant behavior is used to analyze what deviant behavior is carried out by seijang residential youth in the factors driving seijang residential youth to play online slot gambling. The results showed that the youth of sei jang housing played online slot gambling which can be concluded because of the social influence of each other in the environment with closer intimacy and even exchanging information about something that deviates from the influence of the environment. In addition, this online slot gambling can cause poor self-control, where this poor control affects all behavior. Online gambling behavior carried out by youth is spending time playing online gambling every day because of the addiction factor. The high frequency is caused by the freedom to play online gambling anywhere and anytime because of the ease of accessing the site via cellphone which is carried or used every day.
Keywords: Gambling; Online Slot Gambling; Driving Factors; Young People; Tanjungpinang City
Downloads
References
Adli, M. (2015) Online Gambling Behaviour Among Students University Riau, Jom FISIP, Vol. 2 (2), hlm. 1-15.
Apriani Riyanti Dkk. Ensiklopedi Teori-Teori Sosial: Kasik Sampai Postmodern. Bandung: Widina Media Utama, 2023.
Bagong Suyanto. 2010. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Prenada Media Group.
Carson, Robert & James Butcher. 1992. Abnormal Psychology and Modern. Jakatra: Cahaya Baru.
Damsar. 2017. Pengantar Teori Sosiologi. Kencana: Jakarta.
E. H. Sutherland. 2010. Genaral Principles Of Criminal Law. New York: Intercoo.
Hasanah, R. (2015) Word of Mouth Judi Online di Kalangan Remaja, Jurnal LISKI, Vol. 1 (2), hlm. 165-172.
Hutasoit, H. N. H., dan Swardhana, G. M. (2019) Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Judi Online di Wilayah Hukum Polresta Denpasar, Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum, Vol. 8 (11), hlm. 1-15
Kartono Kartini. 2017. Patologi Sosial Jilid I,Depok :PT. Raja Grafindo Persada.Depok
Manzin, M., dan Biloslavo, R. (2008) Online Gambling: Today’s Possibilities and Tomorrow’s Opportunities, Managing Global Transitions,Vol. 6, hlm. 95-110.
Melleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchad F.Mukhlis (2007). Pengertian Pemuda dan Macam-Macamnya Diakses dari. http://muchad.com/pengertian-pemuda-dan-macam-macamnya.html.
Narwoko, Dwi dan Suyanto, Bagong. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.S
Payesa, L. (2021). Faktor Kenakalan Judi Online Yang Dilakukan Oleh Remaja Dikelurahan Ujung Batu Kabupaten Rrokan Hulu. Pekanbaru: Skripsi Program Studi Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau.
Prastiyo, E.B. (2018). Pergeseran norma sosial pada remaja: Studi pada remaja di kota Tanjungpinang. Jurnal Sosiologi Reflektif, 12 (2):381 –394.
Setiadi, Elly M dan Usman Kolip,2011, Pengantar Sosiologi , Jakarta : Kencana
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV.
Trisnawati A.P, Prakoso A, Prihatmini S,. 2015. kekuatan pembuktian transaksi elektronik dalam tindak pidana perjudian online dari perspektif undang-untang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (putusan nomor 140/pid.b/2013/pn-tb)
Zamzami A Karim, Motivasi Mahasiswa Bermain Game Online Higgs Domino Island, Jurnal Neo Societal; Vol. 8; No. 1; Januari 2023 E-ISSN: 2503-359X; Hal. 111-00 Jurnal Neo Societal; Vol. 8; No. 1; Januari 2023
Copyright (c) 2025 Desrian Effendi, Ferizone Ferizone, Endri Bagus Prastiyo, Fadilah Emir Farsya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.