Leadership di Pasar Ikan Arumbae Mardika-Kota Ambon

  • Jouverd F. Frans Universitas Pattimura
  • Syane Matatula Universitas Pattimura
Keywords: Kepemimpinan, perdagangan, interaksi sosial, pasar

Abstract

Abstrak

Pengaturan proses aktivitas dan leadership atau kepemimpinan di Pasar Ikan Arumbae Mardika Ambon memainkan peran penting dalam mengelola dinamika proses interaksi sosial para pedagang di pasar Mardika Ambon. Studi ini mengkaji bagaimana kepemimpinan pasar arumbae Mardika Ambon melalui seorang non Pemerintah yang mampu membangun hubungan-hubungan sosial baik dengan pedagang maupun dengan Pemerintah Kota Ambon. Karakter kepemimpinan yang terbangun ini pada akhirnya  menciptakan ketertiban, kenyamanan, dan keberlanjutan aktivitas perdagangan ikan di pasar Arumbae Mardika Ambon. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menyoroti indikator-indikator kepemimpinan seperti pengelolaan keamanan, pengaturan fasilitas, dan koordinasi dengan pedagang maupun pemerintah. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif di pasar ini mampu meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pedagang dan pembeli, serta mendukung kelancaran operasional pasar secara berkelanjutan.

Kata Kunci: Kepemimpinan, perdagangan, interaksi sosial, pasar

Abstract

The arrangement of the activity process and leadership at the Arumbae Mardika Ambon Fish Market plays an important role in managing the dynamics of the social interaction process of traders at the Mardika Ambon market. This study examines how the leadership of the Mardika Ambon arumbae market through a non-government who is able to build social relationships both with traders and with the Ambon City Government. This leadership character that has been built ultimately creates order, comfort, and sustainability of fish trading activities in the Arumbae Mardika Ambon market. Through a qualitative descriptive approach, this study highlights leadership indicators such as security management, facility management, and coordination with traders and the government. The results show that effective leadership in this market is able to increase the sense of security and convenience for traders and buyers, as well as support the smooth operation of the market in a sustainable manner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damsar dan Indrayani. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Edisi Kedua-Penerbit Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Dadang Suhardan, dkk. 2014. Manajemen Pendidkan. Alfabeta - Jakarta:

Dian Nurlita Tristina dan Suwignyo Widagdo. 2019. Kepemimpinan dan Kinerja. Wade Group-Ponorogo.

George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2017. Teori Sosiologi- dari teori sosiologi klasik samapi perkembangan mutakhir teori sosial postmodern. Cetakan keduabelas. Kreasi Wacana-Bantul.

Harbani Pasolong. 2008. Kepimpinan Birokrasi, Alfabeta-Bandung

Hendropuspito, 1989. Sosiologi Sistematik. KanisiusYogyakarta.

Moleong, Lexy. J. 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Soyomukti Nurani. 2014. Pengantar Sosiologi- Dasar Analisis, Teori dan Pendekatan menuju Analisis Masalah-masalah Sosial, Perubahan Sosial, dan Kajian-kajian Strategis. Ar-Ruzz Media-Jakarta

Sztompka Piort. 2017. Sosiologi Perubahan Sosial. Cetakan ke-8. Kencana-Jakarta.

Uhar Suharsapurta. 2013. Administrasi Pendidikan. Refika Aditama – Bandung.

Keisa Koputri, Sipah Fauziah, Sri Yulia Kartika. 2023. Karakteristik Kepemimpinan Berjiwa Sosiologi Dalam Membangun Pendidikan Pada Abad ke-21. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 240-249.

Sri Redjeki Slamet, Guntur Daryono, Gatot Lelono, Fitria Olivia1, Henry Arianto, Ari Isnaeni Puspita, Radithya Cahya Rizqi, Farra Amalia Aristi. (2024). Nilai Dan Norma Sebagai Dasar Membangun Karakter. Jurnal Abdimas, 10, 75-85

Fachrul Rozi Djakiman, Amir Faisal Kotarumalos. 2023. Membangun Pasar Tradisional yang Berdaya dan Tertata: Studi Kebijakan Penataan Pasar Mardika Kota Ambon. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 16 (1), 16-31.

Indonesia Kaya. (2025). Pasar Mardika, Jantung Perekonomian Kota Ambon. diakses 30 Mei 2025 dari: https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/pasar-mardika-dan-kehidupan-warga-ambon

Published
2025-06-03
How to Cite
Frans, J. F., & Matatula, S. (2025). Leadership di Pasar Ikan Arumbae Mardika-Kota Ambon. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi, 8(1), 60-68. https://doi.org/10.30598/komunitasvol8issue1page60-68