AKTIVITAS REMAJA DI RUANG PUBLIK LAPANGAN MERDEKA KOTA AMBON

  • Feky M. L. Manuputty Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura
Keywords: Aktivitas, Remaja, Ruang Publik

Abstract

Penelitian ini berfokus pada aktivitas remaja di ruang publik lapangan merdeka Kota Ambon. Ruang publik menjadi salah satu ruang atau wadah untuk aktivitas para remaja masa kini, ruang publik menjadi tempat bagi para remaja meluangkan waktu luang dan itu menjadi peluang bebas bagi para remaja melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan di rumah sehingga ruang publik menjadi salah satu pilihan mereka untuk mengekspresikan hal-hal yang membuat mereka merasa puas, selain itu ruang publik inipun merupakan tempat pelarian bagi mereka menenangkan diri dari masalah yang dihadapi. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas remaja di ruang publik secara khusus Lapang Merdeka Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, untuk mencari data-data yang ada di lapangan, maka di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ruang publik menjadi salah satu minat kunjungan bagi sejumlah besar para remaja, ruang publik menjadi tempat dimana para remaja melakukan berbagai macam interaksi, baik dengan teman sebaya maupun lebih tua dari usia mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin.B (2006).MetodePenelitianKualitatif (Aktualisasi Metodelogis Keragaman Varian Konteporer), Jakarta PT. Raja GrafindoPersada.
Bungin.B (2001). Metode Penelitian Sosial (format-format kuantitatif dan kualitatif). Surabaya : Airlangga University Press.
Faisal. S (2008). Format-Format Penelitian Sosial,Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong.L (2017).Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Miles. Mdan A. Michael Huberman (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru Cetakan 1, Jakarta : UI-Press
Nazsi.N (2008).Teori-Teori Sosiologi, Jakarta :Widya Padjajaran.
Poloma. M (2007).Sosiologi Kontemporer, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Ritzer. G dan Douglas J. Goodman (2007). Teori Sosiologi Modern Edisi Ke Enam, George Ritzer, Jakarta Kencana.
Ritzer. G (2013). The Wiley-Blackwell Companion To Sociologi, Jakarta : PustakaPelajar.
Sarlito W. Sarwono (2015). Psikologi Remaja, Jakarta :Rajawali Pers.
Sunario. A (1995). Globalisasi dan Komunikasi, Jakarta :Pustaka Sinar Harapan.
Soyomukti. N (2016). Dasar Analisis, Teori dan Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah Sosial dan Kajian-Kajian Strategis, Yogjakarta :Ar-Ruzz Media.
Published
2020-12-03