STRUKTUR SOSIAL ORANG ARU DALAM PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU

  • Jurnie Darakay Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Prapti Murwani Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Struktur Sosial, Relasi Sosial, Interaksi Sosial

Abstract

Struktur sosial merupakan hubungan timbal balik antara posisi sosial dan peranan-peranan sosial, yang mengacu pada suatu solidaritas sosial dan keteraturan perilaku sosial, relasi sosial dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi dan struktur sosial dalam komunitas Ursia dan Urlima di Kabupaten Kepulauan Aru, dan menganalisis tingkat aktualisasi nilai-nilai budaya dalam menciptakan peradaban baru pasca terbentuknya Kabupaten Kepalauan Aru. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan dilaksanakan pada 7 lokasi berdasarkan pada pembagian wilayah Pemerintah Hukum Adat. Populasi dan sampel yang diteliti menggunakan teknik purporsive sampling dengan menetapkan 10 orang sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relasi sosial yang terbangun dari nilai budaya sangat kuat untuk mempererat solidaritas yang cenderung bergerak kearah asosiatif dalam struktur sosial orang Aru, untuk memupuk relasi sosial dan mempererat identitas serta integritas dalam dinamika kelompok yang berorientasi pada upaya memupuk dan membina solidaritas organic maupun solidaritas mekanik serta interaksi yang continue dan lestari. Nilai-nilai sosial budaya telah ditetapkan oleh Raja Ursia dan Raja Urlima terkait hukum pidana dan hukum perdata untuk dipedomani dan dilestarikan bagi generasi selanjutnya, untuk mengekang penyimpangan terhadap norma maupun nilai-nilai budaya yang kelak akan muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu, mereka bukan hanya membangun relasi sosial dan solidaritas yang cukup solid maupun lestari, tapi juga menjalin interaksi timbal balik dengan etnis lainnya secara holistic dan signifikan.

 Kata Kunci: Struktur Sosial, Relasi Sosial, Interaksi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi. (2005). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi; Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Darakay, M. S. (1984). Variabel-Variabel Perkawinan Menurut Hukum Adat Suku Bangsa Aru (Studi pada dua Desa di Kecamatan Pulau-pulau Aru Kabupaten Maluku Tenggara), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon, berlaku internal belum dipublikasikan.
Koentjaraningrat. (1980). Sejarah Teori Antropologi I (Edisi ke 1). Jakarta: UI - Press.
Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ritzer, G. (2003). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.
Schaefer, Richard T. (2012). Sosiologi. Jakarta: Salemba Humanika.
Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi (edisi ketiga). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Kepulauan Aru di Provinsi Maluku.
Published
2021-11-16