INTEGRASI ANTAR LEMBAGA SOSIAL DI NEGERI HUTUMURI KECAMATAN LEITIMUR SELATAN KOTA AMBON

  • Maria M. Efruan
  • Tonny D. Pariela Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Tontji Soumokil Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Integrasi, lembaga sosial, Hutumuri

Abstract

Integrasi dalam realitas ini merupakan proses berintegrasinya lembaga- lembaga sosial yang berbeda, yaitu lembaga pemerintah atau Raja, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lembaga adat dalam komunitas kemudian menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa integrasi antar kelima lembaga sosial yang ada di Negeri Hutumuri berbentuk tipe integrasi interaksionis, integrasi normatif dan integrasi fungsional. Proses integrasi antar kelima lembaga sosial terjadi karena adanya interaksi timbal-balik yang serasi, dilihat dari hubungan kerjasama yang selalu terjadi antara kelima lembaga ini lewat program-program maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Salah satu hal mendasar yang membuat relasi antara lembaga sosial berjalan dengan baik adalah dengan cara mentransformasi pengetahuan tentang keberadaan sejarah negeri dan berbagai bentuk struktur sosial dan realitas dinamika masyarakat yang berkembang didalamnya. Transformasi pengetahuan akan sejarah negeri secara baik kepada masyarakat akan memberikan gambaran yang utuh dan kompleks kepada masyarakat agar dapat memahami konteks sosial yang ada di Negeri Hutumuri, sehingga ketika melangkah dalam mengambil keputusan di dalam sebuah lembaga yang melibatkan masyarakat banyak, tidak mengambil keputusan yang salah. Kelima lembaga sosial juga memiliki ikatan sosial yang kuat dalam artian setiap lembaga sosial memiliki sikap keterbukaan dalam bekerjasama dan kebersamaan serta rasa solidaritas kelima lembaga sosial untuk bersama membangun Negeri Hutumuri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfons, Christwyn, 2014. Tetomisme orang Hutumuri, Tesis Magister, FISIP UNPATTI.
Narwoko Dwi J. dan Bagong Soyanto. 2006. SOSIOLOGI-Teks Pengantar dan Terapan. Kencana. Jakarta.
Jary, David and Julia Jary. 1991. The Harper Collins Dictionary of Sociology, Harper Perennial, A Division of Harper Collins Publishers, New York.
Paul Johnson, Doyle. Diindonesiakan oleh Robert M. Z. Lawang. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Moderen Jilid 1 dan 2, Penerbit PT Gramedia, Jakarta.
Profil Negeri Hutumuri. 2021
Ritzer, G dan Douglas J. Goodman, 2017. Teori Sosiologi Moderen, Penerbit Kreasi Wacana Perum Sidorejo Bumi Indah-Bantul.
Soekanto, Soerjono, 1990. Sosiologi Suatu Pengantar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soumokil, Tonjti, 2011. Reintegrasi Sosial Pasca Konflik Maluku. Disertasi Doktor. Satya Wacana Press.
Soumokil,Tontji, 1990. Masalah Integrasi Sosial di unit pemukiman transmigran desa waimital kecamatan kairatu provinsi maluku. Tesis Magister, ISIP-UI.
Published
2023-01-28