GEBA DALAM KEHIDUPAN ORANG BURU

  • Fransina Matakena FISIP UNPATTI
  • Jouverd Fendli Frans FISIP UNPATTI
  • Clementina O Rumlus FISIP UNPATTI
Keywords: kebudayaan, sapaan geba, kekerabatan

Abstract

Interaksi yang baik dalam kehidupan masyarakat diperlukan untuk membangun hubungan dengan sesama dalam bingkai kehidupan manusia, yang saling menghargai dan mendukung dalam budaya yang berbeda. Masyarakat Buru dengan sapaan Geba yang selalu dilakukan oleh masyarakat ini pada saat berpapasan dengan sesama mereka.  Sapaan Geba mengandung arti salam atau ucapan yang memberi makna yang berarti bagi masyarakat Buru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan menyangkut asumsi dan juga tindakan daam melakukan suatu kejadian,  temuan dalam penelitian ini menunjukkan  bahwa Geba adalah satu  budaya yang dilakukan oleh orang Buru sejak dulu kala hingga saat ini dengan sapaan Geba maka orang megetahui bahwa ada ikatan serta hubungan yang baik dengan sesama masyarakat Buru dalam membangun kehidupan yang baik, Geba merupakan salam dan hormat bagi sesama masyarakat Buru dan kembali dibalas dengan Gam-do yang memiliki arti bagaimana, sehingga percakapan akan dilanjutkan setelah sapaan itu dilakukan.

 

Kata kunci : kebudayaan, sapaan Geba, kekerabatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin Burhan. 2002. Sosiologi Komunikasi. Kencana Pernada Media Grup. Jakarta
Cooley F, L.1987. Mimbar dan Tahta, Hubungan-hubungan lembaga-lembaga keagamaan dan Pemerintah di Maluku Tengah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Huijbers, S.Theo. 1986. Manusia merenungkan dirinya Kanisiu. Jogyakarta
Huliselan.M.dkk. 1988. Orang-orang Bumi Lale dan Dunianya, organisasi sosial pertukaran dan perubahan sosial di sentral Pulau Buru, Maluku Indonesia. Laporan Penelitian.
Singarimbun, B. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Grafitti Persada. Bandung.
Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.Jakarta.
Van Woendan, F.A.E. 1985. Klem Mitos dan Kekuasaan Struktur Sosial Indonesia Bagian Timur. Jakarta
Published
2023-06-01