PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA
PDF

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, dan Statistika

How to Cite

Souhoka, F., Ayal, C., & Laamena, C. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1(1), 33-40. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Ambon menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan model pembelajaran konvensional pada materi statistika. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Post-Test Only Control Group Design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik uji inferensial yang terdiri dari uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data dalam pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan  dengan hasil atau data yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai  yaitu 0.028

PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.