Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, pemberian tes uraian, dan wawancara. Subjek pada penelitian sebanyak 2 siswa dengan 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki kelas X IPA 1 pada jenjang SMA tahun ajaran 2020/2021. Terdapat 7 indikator pada penelitian ini, yaitu mengulang sebuah konsep; memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep; mengelompokkan objek menurut sifat tertentu sesuai konsepnya; mempresentasikan konsep dalam bentuk representasi matematis; mengembangkan syarat perlu/ cukup suatu konsep; menggunakan dan memanfaatkan prosedur tertentu; menerapkan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa laki-laki dan perempuan. Yaitu kemampuan siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari skor pemahaman siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.