Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Gender
PDF

Keywords

Kemampuan Penalaran, Gender, SMA

How to Cite

Leonisa, I., Rohmah, F., Khasanah, A., Faradillah, A., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Gender. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 35-43. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp35-43

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan salah satu aspek penunjang keberhasilan sebuah pembelajaran matematika. Terlebih dalam proses penyelesaian soal, perbedaan kemampuan penalaran satu siswa dengan siswa lainnya dapat mempengaruhi hasil akhir yang mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Total subjek pada penelitian sebanyak dua siswa dengan satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki pada jenjang Sekolah Menengah Atas di Depok. Pada penelitian ini terdapat lima indikator yaitu menganalisis, generalisasi, sintesis, justifying, dan penyelesaian masalah non-rutin. Selanjutnya, hasil penelitian ini diperoleh bahwa subjek berjenis kelamin perempuan dapat menyelesaikan masalah secara menyeluruh dalam indikator generalisasi dan justifying. Namun pada indikator menganalisis, subjek bergender perempuan mengalami sedikit kendala pada penyelesaian akhir. Siswa bergender perempuan mampu mengidentifikasi soal, merumuskan informasi pada soal dalam bentuk matematika, menggunakan cara penyelesaian yang tepat, tetapi keliru dalam perhitungan di bagian akhir. Sedangkan subjek laki-laki dapat menyelesaikan masalah dalam indikator justifying. Subjek laki-laki mengalami kendala dalam penyelesaian soal pada indikator menganalisis dan generalisasi yang menyebabkan penyelesaian akhir tidak sesuai dengan penyelesaian yang sebenarnya.

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp35-43
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.