Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gender
PDF

Keywords

Kemampuan Penalaran Siswa, Gender, SMK

How to Cite

Fauziah, I., Saputri, K., Faradillah, A., & Alyani, F. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gender. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 70-77. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp70-77

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa SMK dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pemberian instrument berupa tes uraian, observasi, dan wawancara. Total subjek pada penelitian ini sebanyak dua siswa dengann satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki pada kelas XI jenjang Sekolah menengah Kejuruan di Jakarta. Pada penelitian ini terdapat lima indikator Kemampuan Penalaran, yaitu Analisis, Generalisasi, Sintesis, Justifying, dan Penyelesaian Masalah Non-Rutin. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa siswa perempuan dapat menyelesaikan soal tes dengan memenuhi kelima indikator. Sedangkan siswa laki-laki pada indikator generalisasi tidak terpenuhi dan hasil yang didapat dari setiap indikator tidak sempurna. Maka dapat terlihat bahwa terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp70-77
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.