Abstract
Kecemasan matematika (mathematical anxiety) adalah sebuah reaksi emosional dalam diri yang biasanya berupa perasaan takut, cemas, khawatir apabila mengerjakan sesuatu terkait matematika. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji terkait validitas dan reliabilitas siswa dalam kecemasan matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan total subjek pada penelitian sebanyak 116 siswa pada jejang sekolah yang berbeda (SMP, SMA, serta SMK). Penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika (mathematical anxiety) yang diadopsi pada penelitian lain dimana pada angket tersebut terdapat 2 indikator. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan Rasch Model (winstep). Selanjutnya, hasil penelitian ini memperoleh bahwa terdapat 11 subjek serta 1 pernyataan yang tidak valid dan sementara hasil perhitungan reliabilitas diperoleh sebesar 76.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.