Validitas dan Reliabilitas Anxiety Questioner dalam Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Rasch Models
PDF

Keywords

Validitas, Reliabilitas, Mathematics Anxiety, Rasch Model

How to Cite

Yunika, V., Rohmah, A., Istiqomah, S., & Faradillah, A. (2022). Validitas dan Reliabilitas Anxiety Questioner dalam Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Rasch Models. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 161-169. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp161-169

Abstract

Kecemasan matematika (mathematical anxiety) adalah sebuah reaksi emosional dalam diri yang biasanya berupa perasaan takut, cemas, khawatir apabila mengerjakan sesuatu terkait matematika. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji terkait validitas dan reliabilitas siswa dalam kecemasan matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan total subjek pada penelitian sebanyak 116 siswa pada jejang sekolah yang berbeda (SMP, SMA, serta SMK). Penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika (mathematical anxiety) yang diadopsi pada penelitian lain dimana pada angket tersebut terdapat 2 indikator. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan Rasch Model (winstep). Selanjutnya, hasil penelitian ini memperoleh bahwa terdapat 11 subjek serta 1 pernyataan yang tidak valid dan sementara hasil perhitungan reliabilitas diperoleh sebesar 76.

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp161-169
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.