Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gender pada Sekolah Menengah Kejuruan
PDF

Keywords

kemampuan pemahaman konsep matematis
gender
SMK

How to Cite

Ramadhina, A., Pangestu, K., Faradillah, A., & Siswanto, R. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gender pada Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 22-34. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp22-34

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis sangat penting karena menjadi salah satu tujuan pendidikan nasional dan menjadi fondasi dasar dalam setiap pembelajaran matematika di sekolah. Indikator dalam kemampuan pemahaman matematis siswa meliputi (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengklasifikasikan objek menurut sifatn-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, (3) memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, (6) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dan (7) mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa jenjang SMK berdasarkan gender. Penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif. Total subjek pada penelitian sebanyak 2 siswa pada jenjang SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan. Siswa laki-laki dapat memenuhi 6 indikator sedangkan siswa perempuan hanya memenuhi 5 indikator.

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp22-34
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.