PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIK PARAMETRIK BERBANTUAN PROGRAM SPSS
Abstract
Statistik parametrik merupakan salah satu mata kuliah yang belum dapat perhatian khusus dalam pengembangan buku ajar. Hal ini sangat berdampak pada mahasiswa dalam proses tugas akhir, yaitu pengolahan data. Dalam beberapa kegiatan seminar baik seminar proposal, seminar hasil, maupun ujian skripsi, banyak mahasiswa yang tidak mampu mempertanggungjawabkan kajian statistik yang digunakan atau bahkan keliru dalam menggunakannya. Masalah ini dikarenakan mahasiswa hanya mampu belajar teks secara teori tanpa mempraktekannya dengan panduan sebuah buku ajar yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku ajar statistik parametrik berbantuan program SPSS pada mata kuliah statistik parametrik. Subjek penelitian, yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian, yaitu penelitian pengembangan model 4D yang terdiri atas 4 tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasilnya menunjukkan bahwa validitas buku ajar statistik parametrik berbantuan program SPSS pada mata kuliah statistik parametrik adalah valid, praktis, dan efektivitas. Melalui buku ajar tersebut, mahasiswa termotivasi untuk belajar secara mandiri dan berkolaborasi.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.