Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Toko “Parfum Sadap” dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Ambon

  • Fitri Fitri Universitas Pattimura
  • Said Lestaluhu
Keywords: Media Sosial, Parfum Sadap, Promosi Digital

Abstract

UMKM parfum isi ulang memerlukan strategi digital berbasis identitas untuk menjawab perubahan pola konsumsi, di tengah dominasi merek global, sementara literatur dan model analisis perilaku digital masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi digital Parfum Sadap melalui pendekatan model AISAS (Attention-Interest-Search-Action-Share), guna memahami efektivitas promosi di media sosial dalam membangun brand awareness, menjalin relasi dengan konsumen, serta mendorong penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Toko Parfum Sadap, Kota Ambon. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan secara mendalam praktik promosi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran sentral dalam setiap tahapan AISAS. Perhatian dan minat konsumen dibangun melalui konten visual dan testimoni pengguna, sementara pencarian informasi didominasi oleh aktivitas di media sosial. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh kemudahan transaksi dan pelayanan yang cepat, sedangkan pengalaman positif mendorong konsumen untuk membagikan pengalaman, baik melalui unggahan digital maupun secara lisan. Strategi ini 

menciptakan efek viral dan membangun loyalitas konsumen. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha lokal untuk mengoptimalkan komunikasi pemasaran digital. Disarankan agar Parfum Sadap terus memperkuat konten, layanan pelanggan, dan mendorong partisipasi konsumen secara aktif sebagai bagian dari strategi promosi berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-25
How to Cite
Fitri, F., & Lestaluhu, S. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Toko “Parfum Sadap” dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Ambon. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 4(2), 186-202. https://doi.org/10.30598/JIKPvol4iss2pp186-202