APLIKASI ALJABAR MAKS-PLUS PADA JALUR TAKSI UNTUK MEMAKSIMUMKAN PENDAPATAN PENGEMUDI TAKSI

  • DORTEUS LODEWYIK RAHAKBAUW Jurusan Matematika FMIPA UNPATTI
Keywords: graph, jalur taksi, aljabar maks-plus, lintasan kritis

Abstract

Jaringan jalur transportasi pada suatu daerah memegang peranan penting dalam mobilitas masyarakat antar satu daerah, baik antar kota maupun antar tempat yang satu ke tempat yang lain. Berbagai macam alat transportasi digunakan baik alat transportasi umum maupun pribadi. Ditengah aktivitas yang padat masyarakat yang berekonomi menengah kebawah cenderung menggunakan taksi sebagai solusi untuk membantu aktivitas agar tepat waktu, ditengah kepadatan lalu lintas. Jalur taksi pada umumnya lebih bervariasi daripada jalur kendaraan umum karena tidak mempunyai jalur yang ditetapkan. Sopir taksi dalam hal ini cenderung memaksimalkan tarif/ongkos yang didapat untuk itu sering diambil jalur yang dapat memaksimalkan tarif/ongkos tersebut. Dalam paper ini dikonstruksikan model aljabar maks-plus untuk rute/jalur taksi yang dianggap maksimal dan akan ditempuh oleh seorang pengemudi taksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

St´ephane Gaubert and Max Plus, Methods and Applications of (max,+) Linear Algebra, INRIA, Domaine de Voluceau, BP105, 78153 Le Chesnay Cedex, France.
ftp://ftp.inria.fr/INRIA/publication/publi-pdf/RR/RR-3088.pdf
Winarni, dan Subiono, Penjadwalan jalur bus dalam kota dengan aljabar max-plus , Seminar nasional matematika IV , Institut teknologi sepuluh nopember surabaya, 13 desember 2008
Subiono, (2000), On classes of min-max-plus systems and their application, Thesis Ph.D., Technische Universiteit Delft, Delft.
Published
2011-03-01
How to Cite
[1]
D. RAHAKBAUW, “APLIKASI ALJABAR MAKS-PLUS PADA JALUR TAKSI UNTUK MEMAKSIMUMKAN PENDAPATAN PENGEMUDI TAKSI”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 5, no. 1, pp. 29-32, Mar. 2011.