PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI SWISHMAX DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS

  • Christina Martha Laamena Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Pattimura
  • W. Mataheru Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Pattimura
  • Febrilia F. Hukom Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Prisma, Limas, Swishmax

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Swishmax dan model pembelajaran konvensional pada materi prisma dan limas. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (Experimental Research), dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang terdiri atas tiga soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik uji-t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII3 sebesar 37.86 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII4 sebesar 21.84. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data pada kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t dan diperoleh nilai sig (2-tailed) < α atau 0.003 < 0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Swishmax dan model pembelajaran konvensional pada materi prisma dan limas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Makailipessy, Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 4 Leihitu Barat. Ambon: Program Studi Pendidikan Matematika (Skripsi), 2018.

T. G. Ratumanan and T. Laurens, “Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku),†J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 1, no. 2, 2016.

dkk Syarir., “Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep dan Prinsip Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas XI SMK Keperawatan Yahya Bima,†J. Prism. Sains, vol. 1, no. 1, 2013.

V. Novitasari, Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Surakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah (Skripsi)., 2017.

I. . Sumadiasa, “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas,†J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 1, no. 2, 2014.

A. Istiani dan Hidayatulloh, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,†in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2017.

H. A. Saefuddin dan I. Berdiati, Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

K. Khotimah, “Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII,†Eduscope J. Pendidikan, Pembelajaran dan Teknol., vol. 3, no. 2, 2018.

F.R. Azizah, dkk, “Penerapan Problem Based Learning pada Materi Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono,†J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 2, no. 4, 2018.

Rodhi, “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII-D Semester 2 SMP 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018,†J. Profesi Kegur., vol. 4, no. 2, 2018.

S. Ambarjaya, Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Yogyakarta: CAPS, 2012.

N. Pakaya, Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Swishmax terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Atmosfer. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo (Skripsi), 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Bandung: Alfabeta, 2015.

Y. N. Basmalah, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Swishmax dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (Skripsi)., 2013.

R. S. P. Sari, Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Microsoft Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. Lampung: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan (Skripsi), 2018.

N. Handayani dan Mandasari, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika,†J. Pendidik. Mat. J. Educ., vol. 1, no. 2, 2018.

N. Pono dan M. Lutfi “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tiga di MAN Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon,†Teaching, J. Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 1, no. 2, 2012.

M. Hidayah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Teras Tahun 2014/2015,†2015.

P. A. M. Palyama, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Ambon yang Diajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Turunan. Ambon: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pattimura (Skripsi)., 2015.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2013.

Published
2021-03-01
How to Cite
[1]
C. Laamena, W. Mataheru, and F. Hukom, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI SWISHMAX DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 15, no. 1, pp. 029-036, Mar. 2021.