PENILAIAN CARA MENGAJAR MENGGUNAKAN RANCANGAN ACAK LENGKAP
STUDI KASUS: JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNPATTI
Abstract
Cara mengajar dosen merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian materi kepada mahasiswa agar dapat menerima, menanggapi, menguasai, dan mengembangkan materi tersebut. Untuk dapat menentukan kualitas kinerja dosen perlu adanya kriteria yang jelas. Rancangan acak lengkap (RAL) merupakan rancangan yang paling sederhana diantara rancangan-rancangan percobaan yang lain. Perlakuan dalam rancangan ini menggunakan sistem pengacakan secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peringkat cara mengajar dosen Matematika FMIPA Unpatti menurut mahasiswa Matematika FMIPA Unpatti. Penggunaan RAL pada penelitian ini hanya di peruntukkan membandingkan variabel perlakuan dengan syarat harus berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian yang telah dibuat dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil peringkat cara mengajar dosen matematika FMIPA Unpatti menurut mahasiswa matematika FMIPA Unpatti dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah 13, 3, 12, 14, 9, 16, 5, 15, 2, 1, 10, 6, 11, 7, 4 dan 8 dengan peringkat terbaik adalah dosen 13 dan 3, dan yang terendah adalah 7, 4 dan 8 Berdasarkan cara mengajar dosen, dosen 13 memiliki cara mengajar yang sama dengan cara mengajar dosen 3, 12, 14, 9, 16, 5, 15, 2, 1, 10, dan 6 tetapi berbeda dengan cara mengajar dosen 11, 7, 4, dan 8.
Downloads
References
[2] A. Mattjik, Perancangan Percobaan, Bogor: IPB Press, 2002.
[3] A. Mukmin, “amc87.blogspot.co.id,†Mei 2011. [Online]. Available: http://amc87.blogspot.co.id/2011/05/menyelesaikan-rancangan-acak-lengkap.html.
[4] Sastrosupadi, Percobaan Perancangan: Analisis dan Interpretasinya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, 2000.
[5] W. Daniel, Statistika Non Parametrik Terapan, Jakarta: PT. Gramedia, 1937.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.