PENILAIAN CARA MENGAJAR MENGGUNAKAN RANCANGAN ACAK LENGKAP

STUDI KASUS: JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNPATTI

  • Elvinus R. Persulessy Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Ferry Kondo Lembang Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Herman Djidin Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: cara mengajar dosen, homogen, kenormalan, rancangan acak lengkap

Abstract

Cara mengajar dosen merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian materi kepada mahasiswa agar dapat menerima, menanggapi, menguasai, dan mengembangkan materi tersebut. Untuk dapat menentukan kualitas kinerja dosen perlu adanya kriteria yang jelas. Rancangan acak lengkap (RAL) merupakan rancangan yang paling sederhana diantara rancangan-rancangan percobaan yang lain. Perlakuan dalam rancangan ini menggunakan sistem pengacakan secara acak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peringkat cara mengajar dosen Matematika FMIPA Unpatti menurut mahasiswa Matematika FMIPA Unpatti. Penggunaan RAL pada penelitian ini hanya di peruntukkan membandingkan variabel perlakuan dengan syarat harus berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan penelitian yang telah dibuat dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil peringkat cara mengajar dosen matematika FMIPA Unpatti menurut mahasiswa matematika FMIPA Unpatti dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah 13, 3, 12, 14, 9, 16, 5, 15, 2, 1, 10, 6, 11, 7, 4 dan 8 dengan peringkat terbaik adalah dosen 13 dan 3, dan yang terendah adalah 7, 4 dan 8 Berdasarkan cara mengajar dosen, dosen 13 memiliki cara mengajar yang sama dengan cara mengajar dosen 3, 12, 14, 9, 16, 5, 15, 2, 1, 10, dan 6 tetapi berbeda dengan cara mengajar dosen 11, 7, 4, dan 8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Depdiknas, UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokusmedia, 2003.
[2] A. Mattjik, Perancangan Percobaan, Bogor: IPB Press, 2002.
[3] A. Mukmin, “amc87.blogspot.co.id,” Mei 2011. [Online]. Available: http://amc87.blogspot.co.id/2011/05/menyelesaikan-rancangan-acak-lengkap.html.
[4] Sastrosupadi, Percobaan Perancangan: Analisis dan Interpretasinya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum, 2000.
[5] W. Daniel, Statistika Non Parametrik Terapan, Jakarta: PT. Gramedia, 1937.
Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
E. Persulessy, F. Kondo Lembang, and H. Djidin, “PENILAIAN CARA MENGAJAR MENGGUNAKAN RANCANGAN ACAK LENGKAP”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 10, no. 1, pp. 9-16, Mar. 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>