IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI PANEL

  • Rifka Nurfaiza Zarkasi
  • Sifriyani Sifriyani Mulawarman University
  • Surya Prangga
Keywords: Fixed Effect Model,, IPM, regresi data panel

Abstract

Pembangunan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kehidupan demi terciptanya masyarakat yang sejahtera. Pemerintah terus melakukan pembangunan di segala aspek seperti aspek pendidikan, kesehatan, dan kehidupan yang layak. Untuk mengukur keberhasilan pembangunan salah satu indikator yang bisa digunakan adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dalam perhitungan IPM, telah melibatkan komponen ekonomi maupun non ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi IPM Kalimantan pada tahun 2014-2017. Karena data yang digunakan merupakan data panel yaitu gabungan antara data cross-section dan data time-series, maka IPM dimodelkan dengan regresi panel. Untuk mengestimasi model digunakan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Pemodelan IPM menghasilkan nilai  sebesar 99,54 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan IPM dapat dilakukan dengan cara meningkatakan angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, dan pengeluaran per kapita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elfindri dan Nasri, Bachtiar, Ekonomi Ketenagakerjaan. Andalas, Padang: University Press, 2004.

Mirza, Denni Sulistio, “Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembanguan Manusia di Jawa Tengah Tahun 2006-2009,†Economics Development Analysis Journal, vol.1, no.2, 2012.

BPS, Indeks Pembangunan Manusia 2014 Metode Baru, Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2014.

Sriyana, Jaka, Metode Regresi Data Panel, Yogyakarta: Ekosiana, 2014.

Jaya, I. G. N. M. dan Sunengsih, N., “Kajian Analisis Regresi dengan Data Panel,†Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Gujarati, Damodar N., Basic Econometrics, Fourth Edition, New York: The McGraw-Hill Companies, 2004.

Greene, William H., Econometrics Analysis, 6th Edition, New Jersey: Prentice Hall, 2007.

Setiawan dan Kusrini, Ekonometrika, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2010.

Nachrowi, D. N. dan H. Usman, Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI, 2006.

Widarjono, Agus, Ekonometrika Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Kedua, Yogyakarta: Penerbit Ekonisial FE UI, 2009.

Yudiatmaja, F., Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistika SPSS, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Published
2021-06-01
How to Cite
[1]
R. Zarkasi, S. Sifriyani, and S. Prangga, “IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KALIMANTAN MENGGUNAKAN REGRESI PANEL”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 15, no. 2, pp. 277-282, Jun. 2021.