ANALISIS PREFERENSI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MENENTUKAN ATRIBUT REKENING LISTRIK PRABAYAR DI KOTA AMBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN

  • Muh. Yahya Matdoan Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Elvinus R. Persulessy Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Ferry Kondo Lembang Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: analisis konjoin, atribut, preferensi

Abstract

Analisis konjoin merupakan salah satu teknik analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk, baik berupa barang atau jasa dengan cara mengkombinasikan jumlah nilai dari masing - masing atribut yang terpisah. Oleh karena itu, penggunaan analisis konjoin sangat membantu penelitian dalam pemasaran terutama penting tidaknya suatu atribut beserta taraf dalam suatu produksi atau jasa. Hasil pengolahan analisis konjoin pada penelitian ini mendapatkan informasi bahwa faktor utama kepuasan pelanggan di Kota Ambon terhadap produk listrik prabayar yaitu konsumen lebih menyukai produk listrik prabayar yang memiliki garansi kerusakan, tempat pembelian voucher listrik di kios terdekat, tampilan warna rekening produk berwarna putih dan media pengaduan pelanggan melalui telepon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] P. Kotler, Alih bahasa and M. Benyamin, Manajemen Pemasaran, Klaten: PT Intan Sejati.
[2] M. I. Yusi and N. Widowati, “Analisis Pelayanan Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero),” Jurnal Jurusan Administrasi Publik, 2013.
[3] B. Simamora, Analisis Multivariat Pemasaran, Jakarta: PT. Gramedia, 2005.
[4] Arikonto and H. Friska, “Analisis Konsumen Terhadap Atribut Etool Card,” Jurusan Teknik Universitas Indonesia, Jakarta, 2006.
[5] I. Susanti, “Penetuan Atribut Telur Asin Berdasarkan Preferensi Konsumen,” Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2011.
[6] J. F. Hair, C. B. William, J. B. Barry, E. A. Rolph and L. T. Ronald, Multivariate Data Analysis, 6th ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2006.
[7] H. Usman and N. Sobari, Aplikasi Teknik Multivariate Untuk Riset Pemasaran, Jakarta: PT. Prajagrafindo Persada, 2013.
[8] W. G. Cochran, Teknik Penarikan Sampel, Jakarta: UI Press, 2001.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 1999.
Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
M. Matdoan, E. Persulessy, and F. Kondo Lembang, “ANALISIS PREFERENSI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MENENTUKAN ATRIBUT REKENING LISTRIK PRABAYAR DI KOTA AMBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 10, no. 1, pp. 37-46, Mar. 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>