ANALISIS PREFERENSI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MENENTUKAN ATRIBUT REKENING LISTRIK PRABAYAR DI KOTA AMBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN
Abstract
Analisis konjoin merupakan salah satu teknik analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk, baik berupa barang atau jasa dengan cara mengkombinasikan jumlah nilai dari masing - masing atribut yang terpisah. Oleh karena itu, penggunaan analisis konjoin sangat membantu penelitian dalam pemasaran terutama penting tidaknya suatu atribut beserta taraf dalam suatu produksi atau jasa. Hasil pengolahan analisis konjoin pada penelitian ini mendapatkan informasi bahwa faktor utama kepuasan pelanggan di Kota Ambon terhadap produk listrik prabayar yaitu konsumen lebih menyukai produk listrik prabayar yang memiliki garansi kerusakan, tempat pembelian voucher listrik di kios terdekat, tampilan warna rekening produk berwarna putih dan media pengaduan pelanggan melalui telepon.
Downloads
References
[2] M. I. Yusi and N. Widowati, “Analisis Pelayanan Listrik Prabayar di PT. PLN (Persero),†Jurnal Jurusan Administrasi Publik, 2013.
[3] B. Simamora, Analisis Multivariat Pemasaran, Jakarta: PT. Gramedia, 2005.
[4] Arikonto and H. Friska, “Analisis Konsumen Terhadap Atribut Etool Card,†Jurusan Teknik Universitas Indonesia, Jakarta, 2006.
[5] I. Susanti, “Penetuan Atribut Telur Asin Berdasarkan Preferensi Konsumen,†Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2011.
[6] J. F. Hair, C. B. William, J. B. Barry, E. A. Rolph and L. T. Ronald, Multivariate Data Analysis, 6th ed., New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2006.
[7] H. Usman and N. Sobari, Aplikasi Teknik Multivariate Untuk Riset Pemasaran, Jakarta: PT. Prajagrafindo Persada, 2013.
[8] W. G. Cochran, Teknik Penarikan Sampel, Jakarta: UI Press, 2001.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 1999.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.