EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dari masing-masing model pembelajaran, motivasi serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kwadungan yang diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Sampel penelitian diambil dengan teknik(purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes soal kognitif. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji lanjut pasca anava menggunakan uji Scheffe. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model Team Assisted Individualization lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan model Group Investigation, (2) Siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang relatif sama dengan siswa motivasi sedang, siswa dengan motivasi tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan motivasi rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Downloads
References
H. Budiman, M. R. Rasyid, R. Idris, “Perbedaan Tingkat Pemahaman Matematika Peserta Didik Kelas VIII Yang Diajar Menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMPN 1 dan SMPN 2 Marbo Kab. Takalarâ€, Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPaN)â€, Vol. 5, No. 1, pp. 125–141, 2017.
N. R. Siregar, “Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika : Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi gameâ€, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, pp. 224–232, 2017.
M. Kalantzis, “Elements of a Science of Educationâ€, The Australian Educational Researcher,Vol. 33, No. 2, August 2016.
P. B. Darmono, “Eksperimentasi Model Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Logaritma Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011 / 2012â€, Vol. 4, No. 10, pp. 875–884, 2016.
I. Kurniasih dan B. Sani, “Ragam Pengembangan Model Pembelajaranâ€, Jakarta: Kata Pena, 2015.
Sardiman A.M., “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Rajawali, 2014.
M. S. Abdurrahman and I. M. Garba, “The Impact of Motivation on Studentsâ€, Academic Achievement In Kebbi State Junior Secondary School Mathematics, Vol. 2, No. 12, Pp. 1–15, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, Bandung: ALFABETA, 2015.
Budiyono, “Statistika Untuk Penelitianâ€, Surakarta: UNS Press, 2013.
E. Hariyati, M. Mariyana, B. Usodo, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013â€, Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 7, pp. 721–731, 2013.
R. D. Laksono, “Pembelajaran Kimia Dengan Model Kooperatif Team Assisted Individualization Menggunakan Media Moodle Ditinjau dari Kreativitas Siswaâ€, Media Prestasi Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol. 12 No. 2, pp. 27-32, 2013.
L. T. Medyasari, “Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soalâ€, Jurnal Aksioma, Vol. 8, No. 1, pp. 65–75, 2017.
S. Lase, “Hubungan Antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPâ€, Jurnal Warta, Edisi 56, April 2018.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.