EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Erni Untari Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Ngawi
  • Ana Wahyuningrum Jurusan Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Ngawi
Keywords: Efektivitas, Group Investigtion, Motivasi, Prestasi Belajar, Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dari masing-masing model pembelajaran, motivasi serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kwadungan yang diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Sampel penelitian diambil dengan teknik(purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes soal kognitif. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji lanjut pasca anava menggunakan uji Scheffe. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model Team Assisted Individualization lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan model Group Investigation,  (2) Siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang relatif sama dengan siswa motivasi sedang, siswa dengan motivasi tinggi dan sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan motivasi rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Budiman, M. R. Rasyid, R. Idris, “Perbedaan Tingkat Pemahaman Matematika Peserta Didik Kelas VIII Yang Diajar Menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMPN 1 dan SMPN 2 Marbo Kab. Takalarâ€, Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPaN)â€, Vol. 5, No. 1, pp. 125–141, 2017.

N. R. Siregar, “Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika : Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi gameâ€, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, pp. 224–232, 2017.

M. Kalantzis, “Elements of a Science of Educationâ€, The Australian Educational Researcher,Vol. 33, No. 2, August 2016.

P. B. Darmono, “Eksperimentasi Model Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Logaritma Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2011 / 2012â€, Vol. 4, No. 10, pp. 875–884, 2016.

I. Kurniasih dan B. Sani, “Ragam Pengembangan Model Pembelajaranâ€, Jakarta: Kata Pena, 2015.

Sardiman A.M., “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Rajawali, 2014.

M. S. Abdurrahman and I. M. Garba, “The Impact of Motivation on Studentsâ€, Academic Achievement In Kebbi State Junior Secondary School Mathematics, Vol. 2, No. 12, Pp. 1–15, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, Bandung: ALFABETA, 2015.

Budiyono, “Statistika Untuk Penelitianâ€, Surakarta: UNS Press, 2013.

E. Hariyati, M. Mariyana, B. Usodo, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013â€, Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 7, pp. 721–731, 2013.

R. D. Laksono, “Pembelajaran Kimia Dengan Model Kooperatif Team Assisted Individualization Menggunakan Media Moodle Ditinjau dari Kreativitas Siswaâ€, Media Prestasi Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol. 12 No. 2, pp. 27-32, 2013.

L. T. Medyasari, “Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soalâ€, Jurnal Aksioma, Vol. 8, No. 1, pp. 65–75, 2017.

S. Lase, “Hubungan Antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPâ€, Jurnal Warta, Edisi 56, April 2018.

Published
2019-03-13
How to Cite
[1]
E. Untari and A. Wahyuningrum, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 13, no. 1, pp. 019-024, Mar. 2019.