KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA SUKU NUAULU DI MALUKU PADA SIMBOL ADAT CAKALELE

  • Patma Sopamena Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Fahruh Juhaevah Program Studi Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
Keywords: Karakteristik etnomatematika, suku Nuaulu, simbol adat Cakalele.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik etnomatematika Suku Nuaulu, Maluku khususnya pada simbol adat cakalele. Cakalele merupakan tarian adat perang yang dilaksanakan oleh semua desa adat di Provinsi Maluku. Cakalele dilaksanakan ketika pelaksanaan adat atau menyambut tamu penting. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nuanea kabupaten Maluku Tengah dengan menggunakan desain etnografi dan analisis kualitatif. Ketua adat menjadi sumber utama dalam pengambilan data tentang simbol adat cakalele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada simbol tarian adat cakalele Suku Nuaulu mengandung karakteristik etnomatematika, yaitu menghitung (penjumlahan, perkalian, pembagian, dan lain-lain) terdapat pada para pelaku cakalele dan aksesoris yang digunakannnya; pengukuran terdapat pada kain berang yang dipakai oleh para pelaku adat; merancang terdapat pada aksesoris-aksesoris yang dipakai oleh para pelaku adat; permainan terdapat pada tarian cakalele sendiri; menjelaskan terdapat pada cerita tarian cakalele dan pendukungnya; dan Locating terdapat pada tempat pelaksanaan tarian cakalele.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Abdullah, “Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture,†Journal on Mathematics Education, Vols. Vol. 8, No. 1, pp. 1-16, Januari 2017.

A. Küçük, “Ethnomathematics in Anatolia (Turkey: Mathematical Thoughts in Multiculturalism,†Revista Latinoamericana de Etnomatemática, Vol. 7, No. 1, pp. 171-184, 2013.

B. Reviews and A. Bishop, “Ethnomathematics – Challenging Eu- rocentrism in Mathematics Education,†1994, pp. 146-148.

B. Barton and R. M. Frank, “Mathematical Ideas and Indigenous Languages,†Sociocult. Res. Math. Educ. An Int. Perspect, pp. 135-140, 2001.

Chatarina Febriyanti, Rendi Prasetya, Ari Irawan, “Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda,†Barekeng, Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, Vol. 12 No. 1, pp. 1 - 6, Maret 2018.

C. Heather, "Success with Mathematics," New York: Routledge taylor and Francis Group, 2003.

D. C. Orey and M. Rosa, “Ethnomathematics: Teaching and Learning Mathematics from a Multicultural Perspective,†J. Math. Cult., Vols. Vol. 1, No.1, pp. 57-78, May 2006.

G. F. Gilmer, ““Ethnomathematics An African American Perspective On Developing Women In Mathematics,†[Online]. Available: http://etnomatematica.org/articulos/Gilmer1.pdf. [Accessed 28 September 2018].

J. P. Spradley, "The Ethnographic Interview, terjemahan Indonesia: Metode Etnografi oleh: Misbah Zulfa Elisabeth", Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.

J. W. Creswell, “Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4rd ed.),†Thousand Oaks, CA, Sage, 2012, pp. 238-241.

J. W. Creswell, "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approach," California: SAGE Publication, 2009.

J. W. Creswell., "Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell". — 4th ed, Vol. 136, No. 1., SAGE, 2014.

M. Ascher, “Malagasy Sikidy: A Case in Ethnomathematics,†Historia Mathematica 24, Vol. Article No. HM972159, pp. 376-395, 1997.

M. W. Yusuf, I. Saidu, and A. Halliru, “Ethnomathematics (A Mathematical Game in Hausa Culture),†Int. J. Math. Sci. Educ. © Technomathematics Res. Found, 2010.

P. Sopamena, “Etnomatematika Masyarakat Maluku Tengah Dan Kota Ambon Dalam Menjalani Kehidupan Sehari-Hari: Pemikiran Matematika dalam Multikulturalisme,†Jurnal Integral Matematika dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 2, pp. 1-20, 2016.

T. Hammond, “Ethnomathematics : Concept Definition and Research Perspectives,†A thesis submitted to the Graduate Faculty in Anthropology, Columbia University, New York, 2000.

U. D’Ambrosio, "Ethnomathematics: Link Between Traditions and Modernity," Roterdam- Netherlands: sense Publisher, 2001b.

U. D’Ambrosio, “Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics,†Learn. Math., Vols. Vol. 5, No. 1, pp. 44-48, 1985.

W. Handoko, “Asal-Usul Masyarakat Maluku, Budaya dan Persebarannya: Kajian Arkeologi dan Mitologi,†Kapata Arkeol., Vols. Vol. 3, No. 5, pp. 1-27, 2007.

W. S. Dominikus, “Etnomatematika Suku Adonara di Nusa Tenggara Timur,†Universitas Negeri Malang, Disertasi tidak dipublikasikan, Malang, 2017.

Y. d’Entremont, “Linking Mathematics, Culture and Community,†Procedia - Soc. Behav. Sci., Vol. 174, No. 1999, pp. 2818–2824, 2015.

Published
2019-07-10
How to Cite
[1]
P. Sopamena and F. Juhaevah, “KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA SUKU NUAULU DI MALUKU PADA SIMBOL ADAT CAKALELE”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 13, no. 2, pp. 075-084, Jul. 2019.