Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon
Abstract
Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir divergen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test yang merupakan rancangan eksperimen semu yang menyelidiki tingkat kesamaan antar kelompok. Rancangan dalam penelitian didesain dengan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan dipilih dua kelas secara random. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa hasil tes keterampilan proses dan tes hasil belajar sains dalam bentuk tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis multivariat (MANOVA) dengan bantuan SPSS 26..0 for windows
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model tipe treffinger, hasil analisa nilai F= 0,116 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan keterampilan proses dan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model treffinger dan konvensional.. Perbedaaan skor rata-rata keterampilan proses dan hasil belajar dengan metode Least Significant Difference (LSD) dengan nilai 1,651 dan angka signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran model Treffinger lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Bintarto, & Hadisumarno. (1978). Metode Analisa Geografi. LP3ES Jakarta.
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Character education in early childhood based on family. (ECRJ) Early Chilhood Research Journal, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333
Hermayuni, N. M. T. D., Lasmawan, I. W., & Gunamantha, M. (2021). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1=13. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.44008
Kusuma, J. W., Jefri, U., Hidayat, A., & Hamidah. (2020). Application of treffinger learning model to improve greative reasoning and mathematical problem solving skills as well as student learning interests. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 204–213. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2840
Lasaiba, M. A. (2006). Evaluasi lahan untuk permukiman dalam pengembangan wilayah Kota Ambon. Tesis. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/31752
Lasaiba, M. A. (2012). Perubahan penggunaan lahan di kota Ambon tahun 2002-2009. Disertasi. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/54572
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara ( Urnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1(2), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 22(1), 66–86. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119
Ngalimun, S. P., & Pd, M. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.
Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, & Nasiah. (2020). The application of The treffinger learning model in learning geography. La Geografia, 19(1), 113–127. https://doi.org/2655-1284
Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam Sistem Pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 49–6. https://doi.org/10.15408.v4i1.15394
Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022a). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62
Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022b). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(1), 51–62. https://doi.org/10.17977
Tirtoni, F. (2020). Internalisasi model pendidikan
Copyright (c) 2022 Mohammad Amin Lasaiba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.