Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada SiCepat Ekspres Ambon
The Influence of Marketing Strategy and Service Quality on Consumer Satisfaction at SiCepat Ekspres Ambon
Abstract
Perusahaan jasa pengiriman seperti SiCepat Express semakin berperan penting dalam mendukung perkembangan ekonomi, terutama dalam sektor e-commerce. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa layanan yang diberikan memenuhi harapan konsumen agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan mereka. Berdasarkan data lapangan yang telah dilakukan kurangnya perhatian strategi pemasaran dalam peningkatan layanan klaim keterlambatan pengiriman, kurangnya informasi yang di berikan costumer service kepada beberapa konsumen, selain itu pelayanan yang belum maksimal dalam memenuhi harapan konsumen yang cepat, tepat, dan ramah sehingga konsumen merasa kurang puas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada SiCepat Ekspres Ambon dengan menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung dan penyebaran kusioner di lapangan. Hasil simulasi menunjukkan menunjukan bahwa secara parsial strategi pemasaran berpengaruh signifikan antara terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan secara simultan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen . Penelitian ini merekomendasikan SiCepat Ekspres harus tetap mempertahankan atau meningkatkan strategi pemasaran agar dikemudian akan berdampak positif terhadap konsumen.
Downloads
References
Aida W. Batubara, dkk, 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU”. Jurnal Universitas Sumatera Utara.Mustaghfiroh, Pengembangan Usaha Ikan Asap dengan Menggunakan SWOT (Studi Kasus pada Usaha Ikan Asap Kasmiati Desa Goyangan Kec. Trangkil Kab. Pati), (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus) 2017.
Alma, Buchari, 2007, Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.
Artameviah, R. (2022). BAB II Kajian Pustaka 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Pemasaran.Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paa E- Commerce Shopee (Stui Pada Konsumen Shopee Di Jakarta), 12(2004), 7–25.
Artika, Tia, Olivia S, N. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 80–99. https://doi.org/10.36406/jemi.v27i01.158
Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, ISSN, 2460–9404.
Dianatul Munti’ah, 2015, “Kepuasan Nasabah Ditinjau Dari Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Pada Bank Jateng Cabang Pembantu Syariah”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Eriza Arya Putri, (2024 ) “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Presfektif Islam (Study Kasus: CV. Swalayan Relasi Jaya, Kartasura)”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan General, 3(01), 352-361. doi: -
Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran. Edisi ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea.
Kotler dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas, jilid 1, Penerbit Erlangga
Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality management). Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Nel Arianty, dkk, 2015, Manajemen Pemasaran. Penerbit Perdana Publishing, Medan.
Slamet Bambang, R., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Analisis Strategi
Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam. JIMAK, 1(3), 2809–2406.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kulitatif, Kunantitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta
Sunyoto Danang. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Caps Publishing.
Sunardi SE,Msi / Erlendy Julian Nugroho, SE.Sy (2014) “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Syariah Cabang Tangerang”
T. Habibie Syahputra, 2016, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Lafarge Cement Indonesia”. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.
Tritjahjo Danny Soesilo (2015) Penelitian Eksperimen, Publisher: Griya
Copyright (c) 2025 Richard A. de Fretes, Billy J. Camerling, Nil E. Maitimu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the ARIKA Jurnal agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants ARIKA journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).






