Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada SiCepat Ekspres Ambon

The Influence of Marketing Strategy and Service Quality on Consumer Satisfaction at SiCepat Ekspres Ambon

  • Richard A. de Fretes Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Billy J. Camerling Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
  • Nil E. Maitimu Program Studi Teknik Industri Universitas Pattimura
Keywords: Marketing Strategy, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

Perusahaan jasa pengiriman seperti SiCepat Express semakin berperan penting dalam mendukung perkembangan ekonomi, terutama dalam sektor e-commerce. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa layanan yang diberikan memenuhi harapan konsumen agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan mereka. Berdasarkan data lapangan yang telah dilakukan kurangnya perhatian strategi pemasaran dalam peningkatan layanan klaim keterlambatan pengiriman, kurangnya informasi yang di berikan costumer service kepada beberapa konsumen, selain itu pelayanan yang belum maksimal dalam memenuhi harapan konsumen yang cepat, tepat, dan ramah sehingga konsumen merasa kurang puas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada SiCepat Ekspres Ambon dengan menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung dan penyebaran kusioner di lapangan. Hasil simulasi menunjukkan menunjukan bahwa secara parsial strategi pemasaran berpengaruh signifikan antara terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan secara simultan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen . Penelitian ini merekomendasikan SiCepat Ekspres harus tetap mempertahankan atau meningkatkan strategi pemasaran agar dikemudian akan berdampak positif terhadap konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida W. Batubara, dkk, 2014, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU”. Jurnal Universitas Sumatera Utara.Mustaghfiroh, Pengembangan Usaha Ikan Asap dengan Menggunakan SWOT (Studi Kasus pada Usaha Ikan Asap Kasmiati Desa Goyangan Kec. Trangkil Kab. Pati), (Skripsi, STAIN Kudus, Kudus) 2017.

Alma, Buchari, 2007, Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Artameviah, R. (2022). BAB II Kajian Pustaka 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Pemasaran.Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paa E- Commerce Shopee (Stui Pada Konsumen Shopee Di Jakarta), 12(2004), 7–25.

Artika, Tia, Olivia S, N. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 80–99. https://doi.org/10.36406/jemi.v27i01.158

Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, ISSN, 2460–9404.

Dianatul Munti’ah, 2015, “Kepuasan Nasabah Ditinjau Dari Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Pada Bank Jateng Cabang Pembantu Syariah”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Eriza Arya Putri, (2024 ) “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Presfektif Islam (Study Kasus: CV. Swalayan Relasi Jaya, Kartasura)”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan General, 3(01), 352-361. doi: -

Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Pemasaran. Edisi ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea.

Kotler dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas, jilid 1, Penerbit Erlangga

Nasution, M.N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality management). Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Nel Arianty, dkk, 2015, Manajemen Pemasaran. Penerbit Perdana Publishing, Medan.

Slamet Bambang, R., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Analisis Strategi

Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam. JIMAK, 1(3), 2809–2406.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kulitatif, Kunantitatif dan R&D,Bandung : Alfabeta

Sunyoto Danang. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Caps Publishing.

Sunardi SE,Msi / Erlendy Julian Nugroho, SE.Sy (2014) “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Syariah Cabang Tangerang”

T. Habibie Syahputra, 2016, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Lafarge Cement Indonesia”. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Tritjahjo Danny Soesilo (2015) Penelitian Eksperimen, Publisher: Griya

Published
2025-08-31
How to Cite
de Fretes, R. A., Camerling, B. J., & Maitimu, N. E. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada SiCepat Ekspres Ambon. ARIKA, 19(2), 95-102. https://doi.org/10.30598/arika.2025.19.2.95
Section
Articles