ANALISIS LQ DAN ANALISIS SHIFT- SHARE DALAM PEMANFAATAN EKONOMI SEKTORAL KABUPATEN MALUKU TENGAH TAHUN 2008 – 2010

  • Jefri Tipka Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Location Quontinent (LQ), Shift-share, PDRB

Abstract

PDRB merupakan Indikator Ekonomi Makro yang dapat diturunkan untuk menghitung indikator-indikator penting lainnya seperti Pertumbuhan Ekonomi, PDRB Per Kapita, Pendapatan Per Kapita dan sebagainya. Selain itu, PDRB dapat digunakan untuk berbagai analisis. Analisis terhadap PDRB sangat penting salah satunya untuk melihat potensi dan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh Kecamatan tertentu. Sektor apa yang dapat menyumbangkan nilai tambah yang besar terhadap perekonomian. Selain melihat potensi ekonomi analisis terhadap PDRB juga dapat dilihat untuk melihat ketimpangan Ekonomi antar daerah/Kecamatan.
Hal ini bisa digunakan sebagai salah satu evaluasi dalam kebijakan yang telah dilakukan dan sebagai pertimbangan untuk mengmbil kebijakan yang paling tepat dimasa yang akan datang. Salah satu metode yang populer untuk menganalisis potensi ekonomi suatu daerah/Kecamatan adalah metode Location Quoetient (LQ). Sedangkan untuk melihat/mengukur ketimpangan pembangunan antar daerah secara sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan analisis shift-share.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah. Pendapatan Domestik Regional Bruto Kabupaten Maluku Tengah 2008. Masohi. 2009.
[2] Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah. Pendapatan Domestik Regional Bruto Kabupaten Maluku Tengah 2009. Masohi. 2010.
[3] Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah. Pendapatan Domestik Regional Bruto Kabupaten Maluku Tengah 2010. Masohi. 2011.
[4] Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku. Analisis Pemanfaatan Potensi Daerah Di Provinsi Maluku Tahun 2006-2008. Ambon. 2009.
[5] Kuncoro, Mudrajad. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. 2007.
[6] Urai, Nursinah A. 1999. Kesenjangan Pemanfaatan Potensi Daerah. BPS. Jakarta.
Published
2018-01-31
How to Cite
[1]
J. Tipka, “ANALISIS LQ DAN ANALISIS SHIFT- SHARE DALAM PEMANFAATAN EKONOMI SEKTORAL KABUPATEN MALUKU TENGAH TAHUN 2008 – 2010”, BAREKENG, vol. 8, no. 1, pp. 17-24, Jan. 2018.