ANALISIS MODEL PROYEKSI LADA SEBAGAI KAJIAN DIVERSIFIKASI SEKTOR PENDAPATAN MASYARAKAT DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

  • Sisilia Jesika Pririzki Jurusan Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung
  • Ilam Maryam Universitas Bangka Belitung
  • Pitra Wati Universitas Bangka Belitung
  • Desy Yuliana Dalimunthe Universitas Bangka Belitung
Keywords: Lada, forecasting, exponential smoothing, Holt

Abstract

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi dengan pendapatan masyarakatnya bergantung pada sektor pertanian, yaitu lada. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai proyeksi produksi lada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Tahun 2022 yang selama ini menjadi komoditas utama dari sisi sektor pendapatan masyarakat dan juga merupakan bagian dari proses diversifikasi agar masyarakat setempat tidak bergantung dari satu sektor pertanian saja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Metode exponential smoothing yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa model, yakni simple, holt, dan brown exponential smoothing. Dari ketiga model ini akan ditentukan model peramalan yang terbaik (fitting model) dengan menggunakan hasil Root Mean Square Error (RMSE) yang terkecil dari ketiga model tersebut. Berdasarkan proses fitting model yang dilakukan, model holt merupakan model terbaik dengan nilai MSE 7.425,298 dan juga memberikan hasil bahwa komoditas lada ini mengalami penurunan sebesar 17,56% pada tahun 2021 dan juga mengalami penurunan sebesar 21,30% pada tahun 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Desy Yuliana Dalimunthe, Universitas Bangka Belitung

Mathematics Department

Published
2021-06-01
How to Cite
[1]
S. Pririzki, I. Maryam, P. Wati, and D. Dalimunthe, “ANALISIS MODEL PROYEKSI LADA SEBAGAI KAJIAN DIVERSIFIKASI SEKTOR PENDAPATAN MASYARAKAT DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 15, no. 2, pp. 249-256, Jun. 2021.