KONSEP GEOMETRI FRAKTAL DALAM KAIN TENUN TANIMBAR

  • Darma A. Ngilawajan Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Geometri, geometri fraktal, kain tenun Tanimbar.

Abstract

Geometri Fraktal adalah cabang geometri yang bertumpu pada dua hal, yaitu kemiripan diri sendiri (self-similarity) dan ukuran (dimension). Dari dua hal dasar tersebut maka sebuah objek dapat diproyeksi dalam berbagai ukuran secara berulang sehingga terbentuk suatu pola yang unik. Kain tenun Tanimbar merupakan salah satu produk budaya dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Kain tenun ini adalah hasil kerajinan tangan penduduk lokal yang dapat diolah untuk dijadikan pakaian adat, maupun digunakan sebagai kelengkapan dalam berbagai upacara adat di Kepulauan Tanimbar. Kain tenun Tanimbar memiliki pola yang menjadi ciri khas tersendiri dari kain tenun tersebut. Jika diteliti secara seksama, maka pola dari kain tenun Tanimbar dihasilkan dari gambar-gambar yang dibuat berulang yang menyerupai konsep dasar dari geometri fraktal. Tulisan ini akan mengkaji konsep geometri fraktal dalam pola-pola yang terbentuk pada kain tenun Tanimbar. Selain itu pula, untuk mengenalkan salah satu produk budaya dari pulau Tanimbar melalui matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. E. Gaddis and M. J. Zyda, The Fractal Geometry of Nature: Its Mathematical Basis and Application to Computer Graphics, California: Naval Postgraduate School, 1986.
[2] B. B. Mandelbrot, Fractals and the Geometry of Nature. Year Book of Science and the Future, New York: Encyclopedia Britania Inc., 1981.
[3] B. B. Mandelbrot, The Fractal Geometry of Nature, New York: W. H. Freeman and Co., 1982.
[4] L. C. Joseph, Mengenal Tenun Tradisional Daerah Maluku, Ambon: Proyek Pengembangan Permuseuman Maluku, 1982.
[5] M. Van Vuuren, Strengen Naar De Voorouders - Een begin tot Inventarisatie van Ikatmotieven van de Tanimbar-Einlanden, Den Haag: Cip-Gegevens Koninklijke Bibliotheek, 1995.
Published
2018-01-31
How to Cite
[1]
D. Ngilawajan, “KONSEP GEOMETRI FRAKTAL DALAM KAIN TENUN TANIMBAR”, BAREKENG, vol. 9, no. 1, pp. 33-39, Jan. 2018.