EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI TINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z kolmogorov-Smirnov dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada keefektifan pendekatan pembelajaran matematika realistik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Berdasarkan tabel output “Group Statistics†diketahui jumlah data kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 15 siswa dalam kelas control dan 15 siswa yang dilakukan secara konvensional. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa untuk kelompok eksperimen adalah 78,27 dan kelompok kontrol adalah 70,07. Penafsiran tabel output Independent Samples Test berpedoman pada nilai yang terdapat dalam tabel “Equal variances assusmedâ€. Berdasarkan tabel output “Independent Samples Test†pada bagian “Equal variances assumed†diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP
Downloads
References
Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fauziah, D.S.M, & Zulfiati, H.M. (2020) peran guru dalam mengembangkan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial kelas iv sdn pendemsari sleman. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 6, Nomor 2, Januari 2020, hlm.850-855.
Fitria, Y. (2017). Efektivitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. JIPPSD, Vol. 1 Nomor 2, 34-42.
Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute. http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat 0604957_chapter2.pdf
Hidayat, E. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunaka Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Sekolah Pasca sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Ifamuyiwa, A. S dan Ajilogba, S. I. (2012). A Problem Solving Model as A Strategy for Improving Secondary School Students’ Achievement and Retention in Further Mathematics. ARPN Journal of Science and Technology, 2(2): 122-130.
Nila, K. (2009). “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp melalui pendekatan pendidikan matematika realistik.†In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009, 484–93. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/7049/.
Noor, N. A., & Muslimah, M. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENGURANGAN BILANGAN CACAH. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 93-100.
Nurtamam, M. E. (2016). Keefektifan Pembelajaran Langsung Dengan Laboratorium Mini Untuk Materi Jajargenjang Di Kelas IV SDN Bancaran 1. Widyagogik, Vol. 3 No. 2 Januari-Juni 2016
O'Connel S., Bamberger J. H. dan Oberdorf C. (2007). Introduction to Connection, Grade 3-5. The Math Process Standars Series. Portsmouth: Heinemann.
Uskono, I. V., Djong, K. D., & Leton, S. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 138-144.
Soedjadi, R. (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME) di Jurusan FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001.
Son, A. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Model CORE dengan Realistic Mathematics Education (Suatu Penelitian Ditinjau dari Gaya Kognitif) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sullivan, R. L. dan Mclntosh, N. (2001). Delivering Efectice Lectures. Baltimore Maryland: JHIEGO Coorporation.
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian. IKIP Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Wicaksono. S., Ferdianto. J., dan Suprato. E. (2011). Desain Penelitian menggunakan Quasi Experiment. Malang: Unver sitas Negeri Malang
Wijaya. A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Copyright (c) 2021 Advensius Fitalis Mauk, Stanislaus Amsikan, Yohanis Ndapa Deda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
By submitting a manuscript to Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), the author(s) certify and agree to the following terms:
- Originality and Authority: The submitting author is authorized by all co-authors to enter into this agreement. The manuscript describes original work that has not been published previously in a peer-reviewed journal, nor is it under consideration for publication elsewhere.
- Approval: Its publication has been approved by all author(s) and by the responsible authorities of the institutions where the work was carried out.
- Rights: The authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Licensing and Copyright: Authors retain the copyright to their work.
- License Grant: The authors grant Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK) the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
- Self-Archiving: Authors are permitted and encouraged to deposit the published version of their article in institutional repositories, on their personal websites, and other academic platforms, with proper acknowledgment of its initial publication in Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK).