PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

(Suatu Kajian Pada Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 15 Ambon)

  • Yakop D Hommy Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura
  • Darma Andreas Ngilawajan Universitas Pattimura
Keywords: Think Pair Share (TPS), hasil belajar siswa, aritmetika sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua model pembelajaran untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share(TPS) dan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika sosial. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Experimental Research), dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-22
How to Cite
Hommy, Y., Ayal, C., & Ngilawajan, D. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Sora Journal of Mathematics Education, 2(2), 42-49. https://doi.org/10.30598/sora.2.2.42-49