ANALISIS VARIANS MULTIVARIAT PADA EKSPERIMEN DENGAN RANCANGAN ACAK LENGKAP

  • Thomas Pentury Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Statistik Uji Wilks, Matriks Varian Kovarians

Abstract

Metode Statistika Multivariat adalah teknik analisis statistik yang memperlakukan sekumpulan variabel dependent yang saling berhubungan sebagai satu sistem, dengan memperhitungkan kuatnya hubungan antar variabel-variabel tersebut. Analisis yang demikian biasanya dikenal atau disebut Analisis Statistik Multivariat atau disingkat Analisis Multivariat.
Tujuan analisis dengan metode ini adalah menemukan dan menafsirkan struktur yang mendasari data. Pada analisis ini data yang diolah adalah data dari hasil pengukuran beberapa variabel tak bebas dan dapat saja ditambah dengan hasil pengukuran dari satu atau beberapa variabel bebas. Dengan demikian yang diukur adalah satu atau beberapa kelompok variabel, sedang datanya adalah beberapa kelompok skor.
Analisis Varians adalah tehnik analisis statistik, yang biasanya digunakan untuk komparasi beberapa rata-rata populasi, berdasarkan perbandingan pasangan taksiran varians faktor-faktor tertentu. Pada kondisi multivariat, dimana analisis ini merupakan perluasan atau generalisasi dari analisis varians adalah Analisis Varians Multivariat, dan merupakan tehnik analisis data tentang perbedaan pengaruh beberapa variabel terhadap sekelompok variabel kriteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bain. I, J. dan Engelhardt, M., (1992), Introduction To Probability And Mathematical Statistics, 2nd ed., Duxbury Press, California.
Dudewicz, E. J. dan Mishra, S. N., (1988), Modern Mathematical Statistics, John Wiley & Sons, New York.
Hogg. R. V. dan Craig, A. T., (1995), Introduction to Mathematical Statistics,Fifth Ed., Prentice-Hall, Inc, New Jersey.
Dillon, W.R and M. Goldstein. 1984. Multivariate Analysis Methods and Aplications. Toronto : Joohn Wiley & Sons.
Kuntoro, 2000, Kajian Model Lisrel. Forum Ilmu Kesehatan Masyarakat
`Tahun ke XIX No. Fakultas Ilmu Keshatan Masyarakat Unair.
Morrison, D.F. 1988. Multivariate Statistical Analysis. Auckland : McGraw-Hill, Inc
Solimun, 2002. Multivariate Analysis : Structural Equation Modelling(SEM) Lisrel dan Amos. Penerbit Univesitas Negeri Malang.
Published
2007-03-01
How to Cite
[1]
T. Pentury, “ANALISIS VARIANS MULTIVARIAT PADA EKSPERIMEN DENGAN RANCANGAN ACAK LENGKAP”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 1, no. 1, pp. 46-50, Mar. 2007.