PENGELOMPOKKAN DAN PEMETAAN KARAKTERISTIK KEMISKINAN DI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA PROVINSI MALUKU DENGAN MENGGUNAKAN SELF-ORGANIZING MAP DAN ANALISIS BIPLOT

  • Zeth Arthur Leleury Universitas Pattimura
  • Berny Pebo Tomasouw Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Biplot, Cluster, Karakteristik Kemiskinan, MBD, Self Organizing Map

Abstract

Berdasarkan hasil survei sosial ekonomi nasional (SUSENAS) BPS Provinsi Maluku menunjukkan bahwa kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) merupakan kabupaten yang memiliki persentase tingkat kemiskinan tertinggi di provinsi Maluku dengan persentase tingkat kemiskinan 30,18 persen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengelompokkan desa/kecamatan di Kabupaten MDB guna melihat karakteristik kemiskinan pada setiap cluster. Selain itu, juga dilakukan pemetaan karakteristik kemiskinan untuk setiap desa/kecamatan di Kabupaten MBD sebagai upaya untuk mengetahui keragaman karakteristik kemiskinan. Metode pengelompokkan yang digunakan adalah algoritma jaringan syaraf tiruan Self Organizing Map (SOM) dan Biplot.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil pengelompokkan terbaik adalah dengan metode Biplot karena memiliki rasio yang lebih kecil. Adapun hasil pengelompokkan 17 kecamatan di kabupaten MBD terbagi dalam 4 cluster yakni cluster 1 terdiri kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Letti dan Moa; cluster 2 terdiri dari kecamatan Pulau-Pulau Babar dan Babar Timur; cluster 3 terdiri dari kecamatan Pulau Masela, Mdona Hyera, Kepulauan Romang, Damer, Wetar, dan Wetar Barat; sedangkan cluster 4 terdiri dari kecamatan Wetar Utara, Wetar Timur, Kisar Utara, Lakor, Dawelor Dawera dan Pulau Wetang. Ada 11 faktor yang mempengaruhi sehingga cluster 4 tergolong dalam cluster dengan karakteristik kemiskinan tertinggi. Sedangkan ada 4 faktor yang mempengaruhi sehingga cluster 3 tergolong dalam cluster dengan karakteristik kemiskinan cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. A. Matjik and I. M. Sumertajaya, "Sidik Peubah Ganda Dengan Menggunakan SAS", Bogor: IPB Press, 2011.

BPS Provinsi Maluku, "Statistik Daerah Provinsi Maluku", Ambon, 2017.

BPS Maluku Barat Daya, "Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Maluku Barat Daya", Tiakur, 2016.

BPS Maluku Barat Daya, "Kabupaten Maluku Barat Daya Dalam Angka", Tiakur, 2017.

D. Gil, M. Johnsson, J. M. G. Chamizo, P. A. Soriano and F. D. Ruiz, "Application of Artificial Neural Networks in the Diagnosis of Urological Dysfunctions," Expert Systems with Applications, Vol. 36, No. 3, p. 5754–5760, 2009.

E. F. Rifkhatussa’diyah, H. Yasin and A. Rusgiyono, "Analisis Principal Component Biplots Pada Bank Umum Persero yang Beroperasi Di Jawa Tengah," in Prosiding Seminar Nasional Statistika, Semarang, 2013.

H. C. Chou, C. H. Cheng and J. R. Chang, "Extracting Drug Utilization Knowledge Using Self-Organizing Map and Rough Set Theory," Expert Systems with Applications, Vol. 33, No. 2, pp. 499-508, 2007.

I. T. Jollife, "Principal Component Analysis", New York: Springer-verlag, 2002.

K. C. Y. &. Y. S. Zhang, "Self-Organizing Feature Map for Cluster Analysis in Multi-disease Diagnosis," Expert Systems with Applications, Vol. 37, No. 9, pp. 6359-6367, 2010.

L. Fausett, "Fundamentals of Neural Networks, Architecture, Algorithms, and applications", Prentice-Hall, 1994.

M. J. Bunkers, & J. R. Miller, "Definition of Climate Regions in The Northern Plains Using an Objective Cluster Modification Technuque," Journal of Climate, No. 9, pp. 130-146, 1996.

S. Hidayat, "Pemodelan Desa Tertinggal di Jawa Barat Tahun 2005 dengan Pendekatan MARS," Jurusan Statistika FMIPA ITS, Surabaya, 2008.

Z. A. Leleury and H. W. M. Patty, "Analisis Cluster dan Diagnosa Penyakit Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan," in Prosiding FMIPA Universitas Pattimura, Ambon, 2013.

Z. A. Leleury and A. E. Wokanubun, "Analisis Biplot dan Pemetaan Karakteristik Kemiskinan di Provinsi Maluku," Barekeng: Jurnal ilmu matematika dan terapan, Vol. 9, No. 1, pp. 21-31, 2015.

Published
2019-07-10
How to Cite
[1]
Z. Leleury and B. Tomasouw, “PENGELOMPOKKAN DAN PEMETAAN KARAKTERISTIK KEMISKINAN DI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA PROVINSI MALUKU DENGAN MENGGUNAKAN SELF-ORGANIZING MAP DAN ANALISIS BIPLOT”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 13, no. 2, pp. 093-106, Jul. 2019.