ANALISIS ENTROPI DARI TRANSFORMASI MENGAWETKAN UKURAN DAN SIFAT-SIFATNYA

  • Dorteus L. Rahakbauw Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Henry J. Wattimanela Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Transformasi, entropi, mengawetkan ukuran, ruang probabilitas

Abstract

Transformasi 1 2 T : X ï‚® X merupakantransformasiterinvers yang mengawetkan ukuran jika T mengawetkan ukuran, bijektif, and 1 T juga menawetkan ukuran. Transformasi yang mengawetkan ukuran merupakan pemetaan yang mengawetkan struktur antara ruang ukuran. Pada sisi lain, T : X ï‚® X merupakan  transformasi yang mengawetkan ukuran dari ruang probabilitas X,B,m . Jika A adalah aljabar bagian berhingga ï³ dari B maka     
1 0 1 , , lim n i n i h T h T H T n ï¸ ï€­ A A A disebut entropi dari T terhadap A . Jika T : X ï‚® X merupakan transformasi yang mengawetkan ukuran dari ruang probabilitas X,B,m maka hT   suphT,A  dimana suprimum diambil atas semua aljabar bagian berhingga A dari B disebut entropi dari T. Dalam penelitian ini akan ditunjukkan bahwa limit di atas selalu ada dan menjelaskan mengenai beberapa sifat dari hT,A  dan hT  .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bartle, R. G & Sherbert, D.R, 1994.Introduction to real analysis. Second Edition. John Wiley & Sons. Inc, New York.
Papoulis, A, 1984. Probility, Random Variables, and Stochastic Processe, Second Edition. Polytechnic Institute Of New York.
Soemantri, R, 1988. Analisis Real I. Penerbit Karunika, Universitas Terbuka, Jakarta.
Tolman, R. C, 2001. The Principles of Statistical Mechanics, 19 Oktober 2006, http://www.timthompson.
com/entropy1.html#stat, Pkl 14:34. Walters, P, 1981. An Introduction to Ergodic Theory, Mathematics Institute University of Warwick, Springer-Verlag New York Heidelberg Berlin.
Weisstein, E. W, 1999. Ergodic Theory, 19 Oktober 2006, http://mathworld.wolfram.com/ErgodicTheory.htm l, Pkl 14:25
Published
2014-03-01
How to Cite
[1]
D. Rahakbauw and H. Wattimanela, “ANALISIS ENTROPI DARI TRANSFORMASI MENGAWETKAN UKURAN DAN SIFAT-SIFATNYA”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 8, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2014.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>