DIAGRAM UNIFIED MODELLING LANGUAGE UNTUK MEMODELKAN LAYANAN AUTOMATED TELLER MACHINE DENGAN PETRI NET

  • Dorteus L. Rahakbauw Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Petri Net, ATM, UML

Abstract

Penelitian ini menguraikan suatu aplikasi yang mungkin dari Petri net untuk menspesifikasikan dinamika dari sistem informasi. Petri net adalah suatu alat matematik yang menerapkan spesifikasi formal dari dinamika sistim. Suatu prosedur yang formal disarankan karena mampu mentransformasi diagram kegiatan Unified Modeling Language (UML) ke dalam suatu model Petri net. Atas dasar perubahan bentuk ini dimungkinkan untuk memenuhi verifikasi model dinamis dari sistim riil, yaitu untuk mengevaluasi apakah aktivitas dan ordernya terdefinisi dengan baik (well defined). Ini juga mungkin untuk memecahkan permasalahan alur dan sinkronisasi aktivitas suatu sistim, seperti juga untuk mengoptimalkan model dinamis. Permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini adalah bagaimana memodelkan layanan ATM dengan berdasar pada diagram aktivasi UML (Unified Modelling Language) dan bagaimana memodelkan layanan ATM (Automated Teller Machine) dengan menggunakan Petri Nets. Dihasilkan 49 Transisi dan 26 place untuk menggambarkan kedinamikan suatu ATM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkiya, D. 2008, Membangun Petri Net Lampu Lalu Lintas dan Simulasinya,Tesis Magister, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Bordbar, B., Giacomini, L., Holding, D.J., Design Of Distributed Manufacturing Systems Using Uml And Petri Nets, Department of Electronic Engineering, School of Engineering, Aston University, Aston Triangle, Birmingham.
David, R. dan Alla, H. 2005, Discrete, Continuous, and Hybrid Petri Nets, Springer-Verlag Berlin Heidelberg, New York.
Saldhana, J.A., Shatz, S.M., UML Diagrams to Object Petri Net Models: An Approach for Modeling and Analysis, Department of Electrical Engineering and Computer Science University of Illinois, Chicago.
Storrle, H, Models of Software Architecture, Fakult¨at f¨ur Mathematik und Informatik Ludwig-Maximilians-Universit¨at M¨unchen
Published
2013-03-01
How to Cite
[1]
D. Rahakbauw, “DIAGRAM UNIFIED MODELLING LANGUAGE UNTUK MEMODELKAN LAYANAN AUTOMATED TELLER MACHINE DENGAN PETRI NET”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 7, no. 1, pp. 9-14, Mar. 2013.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>