ANALISIS REGRESI MULTIVARIAT BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN DI PROVINSI MALUKU

  • Salmon N. Aulele Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Abraham Z. Wattimena Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Christy Tahya Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Angka harapan hidup, angka kematian bayi, model regresi multivariat, status gizi buruk

Abstract

Kesejahteraan merupakan tujuan utama pembangunan sebuah negara. Salah satu aspek penting untuk mengukur tingkat kesejahteraan adalah kualitas fisik penduduk, yang dapat dilihat dari derajat kesehatan penduduk. Derajat kesehatan suatu daerah dapat dipengaruhi oleh banyak variabel. Model regresi multivariat adalah model regresi dengan lebih dari satu variabel respon yang saling berkorelasi dan satu atau lebih variabel prediktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesehatan masyarakat di Provinsi Maluku serta menentukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi angka kematian bayi, angka harapan hidup, dan status gizi buruk di Provinsi Maluku dengan menggunakan
regresi multivariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase angka kematian bayi tertinggi yaitu di kabupaten Maluku Tenggara Barat, persentase angka harapan hidup tertinggi yaitu di Kota Ambon dan untuk persentase Status Gizi Buruk tertinggi di kabupaten Kepulauan Aru. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi angka kematian bayi, angka harapan hidup, dan status gizi buruk di Provinsi Maluku dengan menggunakan regresi multivariat yaitu persentase rumah tangga yang menggunakan jamban dengan tangki septik (X1), persentase peran aktif masyarakat dalam posyandu (X3), persentase rata-rata lamanya bayi di beri ASI ekslusif (X4), persentase persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis (X5),
persentase imunisasi lengkap (X6), persentase kepadatan penduduk (X7) dan model dapat menjelaskan informasi data sebesar 99,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] L. Talangko, Pemodelan Persamaan Struktural dengan Maximum Likelihood dan Bootstrap pada derajat Kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan, 2009.
[2] H. Sasrawan, “Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia,” 2 Januari 2013. [Online]. Available: http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/01/kehidupan-awal-masyarakat-indonesia.html?m=1. [Accessed 5 November 2015].
[3] Apriadji, Gizi Keluarga, Jakarta: Penebar Swadaya, 1986.
[4] Badan Pusat Statistik. Maluku, “Analisa Penyusunan Kinerja Makro Ekonomi dan Sosial Maluku Tahun 2012,” Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, Ambon, 2012.
[5] Badan Pusat Statistik Maluku, “Laporan Eksekutif Kesehatan Provinsi Maluku 2012,” Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, Ambon, 2012.
[6] Departemen Kesehatan RI, “Indikator Sehat Indonesia 2010 dan Pedoman Penetapan Indikator Provinsi Sehat dan Kabupaten/Kota Sehat, Keputusan Menteri Kesehatan No. 1202/Menkes/SK/VII/2003,” Departemen Kesehatan RI, Jakarta, 2003.
[7] N. Draper and H. Smith, “Analisis Regresi Terapan,” Gramedia, Jakarta, 1992.
[8] D. Gurajati, Dasar-Dasar Ekonometrika, Jakarta: Erlangga, 2006.
[9] I. Hasan, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistika Inferensial), Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[10] R. A. Johnson and D. Wichern, Applied Multivariat Statistical Analysis, New Jersey: Pretice Hall, 2007.
[11] D. F. Morrison, Multivariat Statistical Methods, Fourth Edition, Pennsylvania: The Wharton School Unoversity of Pennsylvania, 2005.
[12] D. Priyatno, Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariat dengan SPSS, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
[13] A. R. Rencher, Methods of Multivariat Analysis, Second Edition, New York: John Wiley & Sons, Inc., 2002.
[14] R. E. Walpole and R. H. Myers, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Edisi Keempat, Bandung: Penerbit ITB, 1995.
Published
2017-03-01
How to Cite
[1]
S. Aulele, A. Wattimena, and C. Tahya, “ANALISIS REGRESI MULTIVARIAT BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN DI PROVINSI MALUKU”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 11, no. 1, pp. 39-48, Mar. 2017.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>