ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK MANDIRI CABANG AMBON

  • Salmon N. Aulele Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Antrian, Teller, Model Tingkat Aspirasi, Bank Mandiri Cabang Ambon

Abstract

Antrian adalah suatu garis tunggu dari orang/satuan yang memerlukan pelayanan dari satu atau lebih fasilitas layanan, misalnya antrian pada teller di bank. Pada bank dengan jumlah teller yang sedikit atau tingkat pelayanan yang rendah seringkali mengakibatkan antrian yang panjang di depan teller sehingga nasabah yang akan dilayani menunggu dalam jangka waktu yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan jumlah teller yang optimal pada Bank Mandiri Cabang Ambon dengan menggunakan Model Tingkat Aspirasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah teller yang optimal ialah 4 teller.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, T. T. dan Dimyati, A. 1987. Operation Research. Model-Model Pengambilan Keputusan. Penerbit: CV Sinar Baru bandung
Kakiay, T. 2004. Dasar-Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Penerbit: Andi Yogyakarta
Siagian, P. 1987. Penelitian Operasional, Teori dan Praktek. Penerbit: Universitas Indonesia Jakarta
Taha, A. H. 1997. Riset Operasi. Edisi ke-5. Penerbit: Binarupa Aksara Jakarta
Walpole, R. E. 1995. Pengantar Statistika. Edisi ke-3. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Published
2018-01-31
How to Cite
[1]
S. Aulele, “ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK MANDIRI CABANG AMBON”, BAREKENG, vol. 8, no. 1, pp. 45-49, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)