ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK MANDIRI CABANG AMBON
Abstract
Antrian adalah suatu garis tunggu dari orang/satuan yang memerlukan pelayanan dari satu atau lebih fasilitas layanan, misalnya antrian pada teller di bank. Pada bank dengan jumlah teller yang sedikit atau tingkat pelayanan yang rendah seringkali mengakibatkan antrian yang panjang di depan teller sehingga nasabah yang akan dilayani menunggu dalam jangka waktu yang lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan jumlah teller yang optimal pada Bank Mandiri Cabang Ambon dengan menggunakan Model Tingkat Aspirasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah teller yang optimal ialah 4 teller.
Downloads
References
Kakiay, T. 2004. Dasar-Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Penerbit: Andi Yogyakarta
Siagian, P. 1987. Penelitian Operasional, Teori dan Praktek. Penerbit: Universitas Indonesia Jakarta
Taha, A. H. 1997. Riset Operasi. Edisi ke-5. Penerbit: Binarupa Aksara Jakarta
Walpole, R. E. 1995. Pengantar Statistika. Edisi ke-3. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.