PENDEKATAN MODEL GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH RUMAH TANGGA MISKIN DI PULAU BURU

  • Salmon N. Aulele Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Kemiskinan, Faktor Geografis, Geographically Weighted Regression

Abstract

Kemiskinan merupakan persoalan yang kompleks, karena tidak hanya berkaitan dengan masalah rendahnya tingkat pendapatan dan konsumsi, tetapi juga berkaitan dengan rendahnya tingkat pendidikan, kesehatan serta ketidakberdayaannya untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah rumah tangga miskin dengan memperhatikan faktor geografis di Pulau Buru menggunakan model Geographically Weighted Regression (GWR), sehingga diperoleh model yang dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah rumah tangga miskin 13 Kecamatan di Pulau Buru. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang signifikan mempengaruhi jumlah rumah tangga miskin di tiap kecamatan di Pulau Buru yaitu banyaknya rumah tangga yang tidak punya fasilitas tempat buang air besar atau bersifat umum (X1), banyaknya rumah tangga yang sumber penerangan utama bukan listrik (X2), banyaknya rumah tangga yang sumber air minumnya dari sumur/mata air tak terlindung/sungai (X4), banyaknya rumah tangga yang pengeluaran untuk makanannya lebih besar 80% (X5) serta banyaknya rumah tangga yang pendidikan tertinggi kepala rumah tangganya SD kebawah (X7).

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS, 2011, Metodologi Penentuan Rumah Tangga Miskin 2011. BPS. Jakarta
BPS, 2011, Analisis dan Penghitungan Tingkat Kemiskinan 2011. BPS. Jakarta.
Chasco, C. Garcia, I. dan Vicens, J. 2007, Modeling Spastial Variations in Household Disposible Income with Geographically Weighted Regression,
Fotheringham, A.S. Brunsdon, C. dan Charlton, M. 2002, Geographically Weighted Regression. John Wiley and Sons, Chichester, UK.
Mei, C.L. (2005), Geographically Weighted Regression Technique for Spatial Data Analysis, School Of Science Xi’an Jiaotong University.
World Bank, (2006), Era Baru Dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesiai, Laporan Bank Dunia.
Yildirim, J.N. dan Ocal, N. (2006), A Sectoral Analysis of Spatial Regional Employment Dynamics of Turkish
Published
2018-01-31
How to Cite
[1]
S. Aulele, “PENDEKATAN MODEL GEOGRAPHICALLY WEIGHTED REGRESSION UNTUK MENENTUKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH RUMAH TANGGA MISKIN DI PULAU BURU”, BAREKENG, vol. 8, no. 2, pp. 53-57, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)