ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KANKER LEHER RAHIM DI KOTA AMBON DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER

Studi kasus: Pasien di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon

  • Salmon N. Aulele Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Henry W. M. Patty Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Trisnawaty Trisnawaty Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: kanker leher rahim, ketepatan klasifikasi, regresi logistik biner

Abstract

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim, yaitu bagian rahim yang terletak di bawah yang membuka ke arah liang vagina. Berawal dari leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh. Regresi logistik biner merupakan salah satu pendekatan model matematis yang digunakan untuk menganalisis hubungan beberapa faktor dengan sebuah variabel yang bersifat dikotomus (biner). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebab kanker leher rahim di kota Ambon dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kanker leher rahim di kota Ambon dengan menggunakan regresi logistik biner adalah usia (ð‘‹1) dan frekuensi menikah (ð‘‹4) dengan ketepatan pengklasifikasian penderita dan non penderita kanker leher rahim berturut-turut adalah 57,14% dan 66,67%. Secara keseluruhan, model regresi logistik yang telah diperoleh dapat mengklasifikasikan responden sebesar 61,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] O. Emilia, Bebas Ancaman Kanker Serviks (Fakta, Pencegahan, dan Penanganan Dini Terhadap Serangan Kanker Serviks), Yogyakarta: Media Pressindo, 2010.
[2] A. Maluku, "10 Wanita Maluku Meninggal Karena Kanker Serviks," Antara Maluku, Ambon, 2015.
[3] D. d. L. S. Hosmer, Applied Logistic Regression, Second Ed, Singapura: John Wiley & Sons. Inc, 1989.
[4] A. Agresti, Categorial Data Analysis, New York: John Wiley & Sons Inc., 1990.
Published
2016-03-01
How to Cite
[1]
S. Aulele, H. Patty, and T. Trisnawaty, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI KANKER LEHER RAHIM DI KOTA AMBON DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER”, BAREKENG: J. Math. & App., vol. 10, no. 1, pp. 61-68, Mar. 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>