ANALISIS PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI MINYAK TANAH RUMAH TANGGA DI DESA PELAUW DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI BERGANDA

  • Salmon N. Aulele Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • B. Tuasikal Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Analisis regresi liniear berganda, Permintaan Minyak Tanah.

Abstract

Analisis regresi berganda adalah persamaan regresi yang melibatkan dua atau lebih variabel dalam analisa. Tujuannya adalah untuk menghitung parameter-parameter estimasi dan untuk melihat apakah variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat dan memiliki pengaruh. Variabel yang akan diestimasi adalah variabel terikat, sedangkan variabel-variabel yang mempengaruhi adalah variabel bebas. Dari variabel-variabel bebas pada penelitian ini, diperoleh model regresi linier berganda untuk menggambarkan permintaan minyak tanah di desa pelauw adalah sebagai berikut:
𝑌 􀷠 = −0,794 + 0,001𝑋1 + 1,211𝑋2 + 0,164𝑋3 − 0,048𝑋4
Dimana variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel dependen adalah harga minyak tanah diikuti dengan variabel jumlah anggota keluarga, harga kayu bakar dan pendapatan rumah tangga per bulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Wahyuni, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesediaan Rumah Tangga Konsumen Membayar Listrik di Desa Lero Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara,” Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar, 2014.
[2] Y. Kakisina, “Analisis Permintaan Minyak Tanah Sektor Rumah Tangga di Kota Salatiga,” Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang, 2003.
[3] D. Putriyani and T. Oswari, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumsi Minyak Tanah Rumah Tangga (Studi Kasus: Konsumen Minyak Tanah Rumah Tangga Dikecamatan Sukmajaya, Depok),” Jakarta, 2005.
[4] D. N. Gujarati, Basic Econometrics, New York: McGraw-Hill Companies,Inc, 2003.
Published
2018-04-30
How to Cite
[1]
S. Aulele, M. Talakua, and B. Tuasikal, “ANALISIS PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI MINYAK TANAH RUMAH TANGGA DI DESA PELAUW DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI BERGANDA”, BAREKENG, vol. 11, no. 2, pp. 129-138, Apr. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>