APLIKASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM DALAM PENENTUAN RUTE OPTIMUM DISTRIBUSI BBM PADA PT. BURUNG LAUT

  • F. S. Tututpary Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
  • Yopi A. Lesnussa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Keywords: Pendistribusian BBM, PT Burung Laut, Ant Colony System, Traveling Salesman Problem

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu komoditas penting bagi masyarakat Indonesia. BBM didistribusikan melalui angkutan laut.Salah satu perusahaan armada laut yang bekerja dalam pendistribusian BBM ini adalah PT. Burung Laut, yaitu dengan mengoperasikan kapal tanker MT. Citra Bintang. Kapal ini mendistribusikan BBM dari kota Ambon ke 13 lokasi di sekitarnya. Namun dalam pendistribusiannya, kapal ini tidak memiliki rute yang pasti, yaitu menggunakan sistem tramper. Untuk itu penelitian ini memberikan usulan penggunaan algoritma Ant Colony System khususnya dalam menyelesaikan kasus Traveling Salesman Problem (TSP)pada PT. Burung Laut. Dengan menggunakan sistem tramper, jarak rute yang harus ditempuh untuk pendistribusian BBM sejauh 5.798 mil dalamwaktu 3,37minggu. Sedangkan dengan menggunakan algoritma Ant Colony System, jarak rute pendistribusian BBM dapat ditempuh sejauh 5.262 mil dengan waktu tempuh 3,09 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dorigo, M. dan Gambardella, L. M. (1997). Ant Colonies for the Traveling Salesman Problem. London: Cambridge.
Fernandez, A., Handoyo, E. dan Saomantri, M. “Pembangunan Aplikasi Penyusunan Jadwal Kuliah Menggunakan Algoritma Semut”.Jurnal Teknik Elektro Universitas Diponegoro, Semarang.
Hindriyanto. Pengantar Optimisasi. [Online]. Tersedia: http://hindriyanto. wordpress.com /2010/10/23/ pengantar-optimisasi/. [10 Februari 2014]
Leksono, Agus. (2009). AlgoritmaAnt Colony Optimization (ACO) Untuk Menyelesaikan Traveling Salesman Problem (TSP).SkripsiSarjanapada FMIPA Universitas Diponegoro, Semarang.
Lintasan dan Sirkuit Hamilton. [Online]. Tersedia: http://kuliahmsi.blogspot.com/ 2010/07/lintasan-dan-sirkuit-hamilton.html?m=1. [11 Februari 2014].
Lintasan Hamilton. [Online]. Tersedia: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Lintasan
Hamilton [11 Februari 2014].
Manurung, DorkasTaruli. (2009). Penentuan Rute Distribusi BBM UntukMenentukan Jalur yang Optimal danBiaya yang Optimum dengan Metode Structural Equation Modeling di PT. Burung Laut. Skripsi Sarjana pada FT Universitas Sumatera Utara, Medan.
Mindaputra, Eka. (2009). Penggunaan Algoritma Ant Colony System dalam Traveling Salesman Problem (TSP) pada PT. Eka Jaya Motor. Skripsi Sarjana pada FMIPA Universitas Diponegoro, Semarang.
Mutakhiroh, I., Indrato dan Hidayat, T. (2007). “Pencarian Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma Semut”. Jurnal Pemrograman dan Teori Informatika Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Suryadi, D. Teori dan Algoritma Graph.
Yuwono, B., Aribowo, A.S. dan Wardoyo S.B. (2009). “Implementasi Algoritma Koloni Semut Pada Proses Pencarian Jalur Terpendek Jalan Protokol di Kota Yogyakarta”. Jurnal Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta.
Published
2018-01-31
How to Cite
[1]
F. S. Tututpary, M. Talakua, and Y. Lesnussa, “APLIKASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM DALAM PENENTUAN RUTE OPTIMUM DISTRIBUSI BBM PADA PT. BURUNG LAUT”, BAREKENG, vol. 8, no. 1, pp. 51-59, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>